Youtube for The Blind, Layanan Video YouTube untuk Tunanetra

Kemajuan teknologi membuat sebuah tim pengembang membuat situs bertajuk “YouTube for The Blind” yang bertujuan supaya orang tunanetra pun juga bisa menonton YouTube seperti orang-orang normal.

Situs ini diluncurkan oleh sebuah perusahaan digital bernama Think Web. Think Web telah bekerjasama dengan Yayasan Mitra Netra di mana nantinya situs yang beralamat di Youtubefortheblind.com ini bisa dinikmati oleh para penyandang tunanetra sebagai bentuk hiburan dalam bentuk audiovisual.

Co-Founder dari Think Web, Ramya Prajna menceritakan bagaimana wal mulanya mereka bisa terpikirkan untuk membuat situs Youtube for The Blind tersebut.

Ternyata awalnya mereka sangat penasaran dengan bagaimana seorang tunanetra bisa menggunakan fasilitas internet layaknya orang normal.

Apalagi untuk mendengarkan musik atau untuk streaming video di YouTube. Nah, dari situlah mereka akhirnya mencetuskan ide untuk membuat situs YouTube namun hanya sebatas suaranya saja yang bisa didengarkan.

Banyak sekali konten-konten populer yang bisa dinikmati oleh para penyandang tunanetra di situs YouTube for The Blind ini.

Salah satu kemudahan bagi para tunanetra adalah dengan adanya fitur text to speech sehingga mereka hanya tinggal mengatakan video apa yang akan mereka cari.

Bahkan mereka bukan hanya bisa mendengarkan suara videonya saja, namun ada juga fasilitas suara yang menjelaskan bagaimana suasana yang tergambar dalam video tersebut.  Tentunya situs ini sangat membantu para penyandang tunanetra.

Sponsored Links