Website Gratis – Solusi untuk Pebisnis Pemula

Berbagai studi menunjukkan bahwa pelanggan di Asia Tenggara menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk online. Bukan hanya untuk bermain sosial media tapi juga untuk melakukan beragam transaksi elektronik, seperti pembayaran tagihan, maupun transaksi jual beli. Berbagai website pun ditawarkan untuk para pelaku bisnis, mulai dari website yang berbayar mahal maupun website gratis.

Tentu saja hal ini adalah kabar gembira bagi para pelaku bisnis. Karena di jaman sekarang, kita bisa memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan promosi. Kamu gak harus memasang iklan di televisi, baliho di pinggir jalan ataupun iklan di media cetak. Dengan memanfaatkan media online, kamu bisa dengan mudah menjangkau pasar yang kamu inginkan.

Inilah salah satu keuntungan yang sangat menarik bagi mereka yang menggunakan marketing online sebagai salah satu strategi pemasaran.

Meskipun terkesan mudah dan praktis, namun pada kenyataannya untuk mengusahakan pemasaran di dunia digital juga perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Buat kamu pengusaha kecil dan menengah mungkin akan kesulitan dalam menyediakan aset digital seperti website.

Nah, buat kamu yang bisa dikata belum memiliki budget yang memadai untuk membuat website profesional yang berbayar, gak ada salahnya untuk mencoba membuatwebsite gratis untuk kebutuhan promosi produk dan layanan kamu.

Di samping membuat website, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan, antara lain sebagai berikut :

  1. Kenali target pengunjung

Audiens atau pengunjung di dunia maya sangatlah banyak. Kamu pasti akan kehabisan energi dan waktu jika harus menjangkau semua jenis pengguna internet. Sedangkan pengguna tersebut belum tentu merasa butuh dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Untuk itu, langkah pertama yang sangat penting untuk kamu lakukan adalah mengidentifikasi target marketing dan target pengunjung yang akan kamu jadikan sasaran marketing.

Kenali karakteristik mereka, seperti gender, hobi, profesi, minat,masalah dan tantangan terbesar yang mereka hadapi, lokasi tempat tinggal mereka, dan sebagainya.

Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mengarahkan pengembangan websitemu ke depannya.

  1. Highlight produk atau layananmu

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat membuat website baik berupa website gratis maupun website berbayar adalah menyorot produk atau layanan yang kamu tawarkan. Usahakan ketika pengunjung datang ke website atau toko online yang kamu buat mereka tahu produk atau jasa apa yang bisa mereka peroleh dari perusahaan kamu

  1. Lokasi dan detail kontak

Selain produk dan jasa yang kamu tawarkan, hal lainnya yang sangat penting untuk kamu pastikan ada di website kamu adalah lokasi dan detail kontak. Lokasi sangat bermanfaat jika kamu memiliki toko fisik dan kamu berharap agar para calon costumer di website kamu juga bisa mengunjungi langsung toko fisik yang kamu miliki. Namun jika kamu tidak memiliki toko fisik, aspek lokasi mungkin dapat kamu abaikan saja.

Selain toko fisik, kamu juga harus menampilkan detail kontak dan pilihan kontak yang bisa dihubungi, bisa berupa nomor telepon, nomor ponsel ataupun WhatsApp. Berikan beberapa pilihan kontak agar pengunjung bisa dengan mudah memilih akses yang mana yang mereka lebih sukai. Detail kontak ini berperan sangat penting buat pelanggan yang memiliki minat yang cukup tinggi terhadap barang atau jasa yang kamu tawarkan

Itulah tadi beberapa hal yang harus kamu pastikan dalam menyusun aspek marketing di website yang kamu miliki. Ingat, kehadiran website bisa menjadi solusi buat pebisnis pemula agar menjadi lebih sukses.

Adapun untuk urusan pembuatan website, kamu bisa mencoba platform website gratis yang disediakan oleh Sitebeat. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Sponsored Links