VirnetX Resmi Gugat Apple Soal Hak Paten VPN

Lagi-lagi Apple diterpa masalah yang sering mereka terima yakni masalah gugatan hak cipta. Yang terbaru saat ini adalah Apple digugat oleh perusahaan bernama VirnetX. Dalam gugatan hak cipta kali ini, VirnetX menuduh jika Apple telah menggunakan paten virtual private network (VPN) dari perusahaan keamanan tersebut di FaceTime dan iMessage.

Sebenarnya kasus ini sudah berjalan sangat alot sejak tahun 2010 dan baru-baru ini dikabarkan memasuki babak akhir atau final. Bahkan beredar kabar jika pengadilan sudah memberikan putusan Apple bersalah dan wajib membayar denda.

Denda yang harus dibayarkan juga cukup lumayan, yakni sebesar $625 juta atau sekitar Rp 8 triliun. Untuk tuntutan dari VirnetX awalnya ternyata hanya $532 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun. Jumlah yang tidak sedikit tentunya untuk Apple.

Hanya saja tuntutan dipengaruhi oleh keputusan juri. Dan disebutkan jika juri telah menilai bahwa Apple telah melanggar paten teknologi VirnetX selama bertahun-tahun. Namun Apple tidak diam saja dan disebutkan akan melakukan banding.

Apple disebutkan merasa terkejut dan sedikit kecewa dengan keputusan yang sudah dikeluarkan oleh Hakim. Pengacara Apple menyebutkan jika teknologi itu secara independen telah dirancang selama bertahun-tahun. Bahkan, pihaknya mencatat bahwa empat paten yang dipermasalahkan dinyatakan tidak sah. VirnetX sebelumnya juga pernah melaporkan Apple dengan tuduhan yang sama, namun dibatalkan karena ada masalah dengan keputusan juri dalam menentukan kerusakan.

Sponsored Links