Update Facebook Messenger Miliki Fitur Group Payments, Apa Itu?

GadgetGan.com – Sebagai aplikasi yang cukup populer, Facebook memang senantiasa memberikan pembaruan terhadap layanannya. Jika di awal tahun 2015 lalu, ia telah memperkenalkan pembayaran dalam aplikasi messenger, maka saat ini fitur tersebut pun mulai mengalami pembaharuan.

Pembaharuan yang diberikannya ini ialah Facebook telah mendukung pembayaran grup. Fitur yang mengusung nama Group Payments tersebut hampir sama dengan obrolan grup yang telah ada sebelumnya, namun perbedaannya fitur ini dilengkapi dengan ikon Payment yang ditandai dengan logo dolar yang memungkinkan pengguna untuk membayar ke salah satu anggota atau pun keseluruhan anggotanya.

Hadirnya fitur ini tentunya akan berguna untuk kepentingan tertentu, contohnya pembayaran tagihan restoran, hadiah grup dan lain sebagainya. Ini merupakan sebuah area bagi orang yang masih memanfaatkan layanan pembayaran mandiri, baik PayPal, Square Cash atau pun Venmo. Bahkan tidak hanya melakukan pembayaran kepada anggota kelompok lainnya, pengguna juga dapat meminta pembayaran dari anggota kelompok lainnya yang terdapat di bagian kanan chat.

Cara penggunaan fitur Group Payments ini pun cukup mudah. Anda tinggal memasukkan jumlah yang ingin meminta per orang atau jumlah total yang nantinya harus dibagikan secara merata. Dalam hal ini, bisa saja diri Anda masuk ke dalam perhitungan atau tidak.

Menariknya, penggunanya juga dapat menambahkan sebuah catatan terkait tujuan uang tersebut, kemudian tekan Request untuk melakukan pengiriman ke percakapan grup. Dalam hal ini, sebuah pesan pun akan muncul yang menunjukkan bahwa ada anggota grup yang telah melakukan pembayaran. Bahkan, dengan menengok detail permintaan, Anda pun dapat memeriksa rincian yang tersedia di layar secara penuh.

Meskipun membutuhkan pengamanan khusus karena berkaitan dengan pembayaran, namun layanan ini cenderung bebas untuk menggunakan password atau tidak dalam pengoperasiannya.

Sponsored Links