Tips Simpel Scan dan Membasmi Virus di Komputer Tanpa Antivirus

Kini perkembangan virus dan trojan terus meningkat saja. Ini sangat wajar karena dulu penyebaran virus biasanya hanya lewat perangkat flashdisk yang dicolok ke komputer. Tapi, saat ini penyebaran virus bisa lewat file yang kita download.

Memang, aplikasi antivirus sangat wajib diinstal di perangkat laptop atau PC, apalagi bagi Anda yang gemar mengunduh file lewat internet. Tapi, apabila aplikasi antivirus tersebut tidak asli sama juga bohong. Ada cara alternatif lain untuk scan virus di file yang ingin Anda unduh, berikut kami bagikan Tips Simpel Scan dan membasmi virus di komputer tanpa antivirus.

Banyak orang atau pengguna internet yang doyan mengunduh file tidak dari penyedia resminya, atau dalam kata lain bajakan. Kemungkinan buruk yang terjadi adalah file tersebut telah dihinggapi virus.

Seperti yang dilansir oleh Techiral, salah satu website aplikasi terbaik untuk scan virus adalah VirusTotal.com, Anda bisa scanning file, URL, bahkan website. VirusTotal merupakan sebuah situs milik perusahaan kemanan Spanyol Hispasec Sistemas yang dirilis bulan Juni 2004 silam dan telah diakuisisi oleh Google Inc September 2012 kemarin. Berikut adalah cara menggunakannya :

Buka situs www.virustotal.com > terdapat tiga pilihan, bisa scan file dengan cara upload ke VirusTotal dengan ukuran maksimal 128MB. Jika masih hendak ingin unduh file, gunakan URL dan website.

Setelah memasukkan URL dan website, maka VirusTotal akan scanning. Tunggu beberapa saat dan langsung keluar hasilnya.

Dengan begitu, Anda sudah benar-benar mengetahui apakah file yang hendak diunduh aman dari ancaman virus atau tidak.

Sponsored Links