Tips Ringan Mengetahui Kondisi Kesehatan Baterai Smartphone Anda

Baterai memang seperti sudah menjadi salah satu nyawa dalam hal perangkat atau gadget saat ini. Ketika baterai dalam kondisi terbaik, maka baterai tersebut akan mampu mengakomodasi daya dengan baik juga. Namun ketika kondisi baterai menurun, maka daya yang diberikan juga akan berkurang.

Pemakaian dalam jangka waktu lama memang mau tidak mau akan membuat baterai tersebut menurun kualitasnya. Berikut ini akan kami berikan tips ringkas dan sederhana bagaimana mendeteksi dini kondisi kesehatan dari baterai perangkat atau gadget anda.

1. Cek Kondisi Daya Tahan Baterai

Cara ini adalah yang paling termudah, anda hanya perlu melihat berapa lama baterai tersebut mampu bertahan setelah dilakukan proses charging. Jika sudah menurun daya tahannya maka bisa dikatakan baterai tersebut sudah mulai menurun kualitasnya dan sebaiknya harus segera dilakukan penggantian baterai baru.

2. Tes Memutar Baterai

Hal ini juga cukup wajar dan awam dilakukan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Dengan memutar baterai di atas permukaan yang datar, akan diketahui apakah kondisi baterai normal atau mengembung. Ketika kondisi baterai mengembung maka baterai akan berputar dengan konstan dalam waktu cukup lama.

3. Cek Tampilan Baterai

Lepas baterai anda dari smartphone atau gadget, kemudian cek secara kasat mata. Apakah terjadi korosi pada metal terminal atau terdapat beberapa noda aneh di sekitar baterai. Tentu jika kondisinya normal dan bersih maka ini sudah bisa menjadi indikasi jika baterai masih dalam kondisi terbaik atau layak pakai.

Sponsored Links