Tips Mudah Musnahkan Virus Android Tanpa Harus Gunakan Anti Virus

Saat ini virus memang sudah menjadi salah satu penyakit dalam dunia komputer dan android. Sifat dari virus sendiri adalah menghancurkan sistem dan merusak sistem pertahanan software atau OS tertentu.

Sehingga kehadiran virus ini wajib dibasmi atau dibersihkan sebelum semuanya terlambat. menggunakan antivirus memang adalah salah satu solusi terbaik, namun terkadang virus malah disisipkan kedalam program antivirus tersebut. Berikut ini adalah tips bagaimana memsunahkan virus tanpa bantuan antivirus.

1. Factory Reset

Cara ini memang sedikit ekstrem dimana akan menghapus semua sistem dan data di smartphone anda dan mengembalikan smartphone anda seperti dalam keadaan baru. Tentu saja resikonya adalah anda kehilangan semua data dan aplikasi anda dalam sekejap mata.

2. Safe Mode

Keunggulan ketika masuk ke safe mode adalah Android akan beroperasi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem. Dengan begini maka anda bisa leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, memudahkan kamu juga untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting, seperti file cache.

3. Bersihkan malware app

Dari safe mode ini anda juga bisa membersihkan dengan menguninstall beberapa aplikasi yang terlihat mencurigakan. Bahkan yang terparah terkadang ada aplikasi yang tidak mau di uninstall karena sudah memberikan akses administrator. Sehingga anda wajib menghilangkan akses administrator tersebut dengan masuk ke Settings – Security – Device Administrator. Dari sini anda bisa menghilangkan centang administrator di aplikasi asing tersebut.

Sponsored Links