Tips Mudah Menjadikan Laptop Sebagai Hotspot Tanpa Software

Menjadikan laptop sebagai hotspot wifi sangatlah berguna agar perangkat lain bisa mendapatkan akses internet. Tentu, sumber koneksi adalah modem yang sudah tertancap dan aktif di laptop tersebut.

Banyak cara yang bisa digunakan agar laptop bisa menjadi sebuah perangkat hotspot, bisa dengan mengandalkan software bisa juga dengan manual atau tanpa software. Nah, pada kesempatan ini kami akan membagikan informasi mengenai tips mudah menjadikan laptop sebagai hotspot tanpa software, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, buka Command Promp (cmd.exe) sebagai administrator. Caranya pada Start > ketikan cmd > klik kanan pada cmd.exe > Run as administrator > Yes.
  • Ketikan netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid =name key=password (name isi dengan nama hotspot Anda, dan password isi dengan kata sandinya)
  • Lalu enter pada keyboard.
  • Setelah proses di atas telah kita lalui, sekarang saatnya untuk mengaktifkan hotspot WiFi tersebut. Caranya cukup ketik kode berikut pada cmd.exe > netsh wlan start hostednetwork.

Sampai pada tahap ini, berarti Anda sudah bisa membagikan koneksi internet gratis kepada perangkat lain. Namun, jika Anda masih belum terhubung ke internet, cobalah cara mudah ini :

  • Masuk ke Start > pilih Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change adapter setting.
  • Lalu, klik kanan pada modem > Properties > Klik tab sharing > Ceklis Allow other network to connect through this computer’s internet connection > Di bagian Home networking connection pilih jaringan yang memiliki koneksi internet > lalu Ok.

Jika Anda sudah selesai menggunakan laptop sebagai hotspot, buka cmd sebagai administrator, ketik netsh wlan stop hostednetwork > Enter pad akeyboard. Selesai.

Sponsored Links