Tips Mudah Melindungi Android Dari Bahaya Kejahatan Cyber

Sebagai salah satu platform terbesar saat ini, Android memang menjadi incaran empuk para hacker untuk mencuri data atau menyebarkan berbagai virus berbahaya. Yang terbaru kali ini adalah perangkat berbasis Android disebut sebagai perangkat yang rentan terhadap serangan cyber

Perangkat berbasis Android memang cukup bahaya bila ditinjau dari segi keamanan data. Hal ini tampaknya bukan lelucon belaka. Sebuah penelitian mendalam dilakukan peneliti University of Cambridge pada beberapa perangkat Android, menganalisis lebih dari 20 ribut smartphone dari berbagai merek dan menemukan 87,7 persen perangkat Android yang diteliti dikategorikan rentan terhadap kejahatan cyber.

Sementara itu Kaspersky Lab menawarkan aplikasi bernama Device Analyzer dari Google Play. Dengan aplikasi ini maka akan membantu mengetahui ketahanan smartphone terhadap serangan yang bisa berdampak luas dengan cara mengirim data ke perangkat lunak.

Dari sini yang akan diperhitungkan hanya kerentanan yang mengeksploitasi secara nirkabel saja. Sementara itu didapatkan hasil jika terdapat 32 jenis yang kritis, namun hanya 11 bug yang bisa diterapkan ke semua perangkat, dan diperhitungkan sepanjang percobaan agar hasil yang ditampilkan berimbang.

Sementara itu sudah ada tips mudah dari Kaspersky Lab untuk memastikan perangkat Android terlidungi. Selalu pastikan memasang pembaharuan sesegera mungkin agar sistem lebih aman dan stabil.

Selalu gunakan aplikasi dari sumber terpercaya agar tidak merusak sistem karena biasanya aplikasi dari sumber tidak terpercaya sudah disisipi malware pencuri data dan perusak sistem.

Sponsored Links