Tips Mudah Cara Sembunyikan Aplikasi dan File Rahasia di Android

Saat ini smartphone adalah kebutuhan bagi setiap masyarakat yang tidak bisa lagi dielakkan. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, ponsel cerdas ini sudah berfungsi sebagai media menyimpan file, membayar tagihan, hingga menjadi alat hiburan. Sangat wajar memang jika di dalam smartphone tersimpan banyak file dan aplikasi.

Bahkan, kita kerap kali menyimpan file atau aplikasi yang bersifat sangat sensitif di ponsel cerdas kita. Nah, agar tidak ketahuan, seharusnya kita bisa menyimpannya baik-baik. Bagaimana caranya ? Berikut kami bagikan untuk Anda.

File-file yang bersifat sensitif seperti gambar, video atau sampai aplikasi tentu sangat risih jika diketahui oleh orang lain. Apalagi jika aplikasi tersebut adalah aplikasi pencari jodoh, untuk itu harus segera disembunyikan.

Menyembunyikan file atau aplikasi rahasia di Android bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi, salah satu kelemahan apabila menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah masih bisa diakses lewat menu Settings, dan file yang disembunyikan pun tidak benar-benar aman.

Untuk itu, lebih baik Anda menyembunyikan aplikasi atau file-file tersebut tanpa menggunakan bantuan aplikasi. Caranya sederhana, geser notification panel ke bawah > masuk menu User. Kemudian temukan menu Settings > User. Menu user ini pertama kali terdapat dalam Android versi Lollipop.

Kemudian, pilih tambahkan user atau Add User. Nanti secara otomatis Anda akan dibawa ke sebuah tampilan baru di smartphone Android Anda.

Dalam User baru yang sudah Anda buat tersebut, Anda bisa menambahkan akun Google yang berbeda. Bahkan, Anda bisa menginstal aplikasi berbeda dan menyimpan file berbeda dengan sangat aman. Aplikasi atau file yang Anda simpan di User baru tidak akan muncul di User lama.

Untuk lebih aman, lebih baik Anda memberikan kata sandi atau pola aman pada User baru. Natinya setiap Anda masuk ke User baru, maka wajib masuk ke kata kunci yang Anda atur. Tujuannya sangat jelas, agar orang lain tidak bisa masuk secara sembarangan ke smartphone Anda.

Jangan lupa untuk mengaktifkan Turn on phone calls & SMS agar Anda tetap bisa menerima panggilan telepon atau SMS saat menggunakan mode User baru.

Sponsored Links