Tips Mudah Cara Remote Komputer Lewat Android

GadgetGan.com – Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat sesuatu hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Bahkan, teknologi termutakhir memungkinkan ponsel Android menjadi remote pada komputer dekstop.

Jika remote antara komputer satu dengan komputer lainnya sangat identik menggunakan TeamViewer, maka untuk mengontrol komputer dengan smartphone menggunakan sebuah aplikasi Chrome Remote Dekstop. Meskipun aplikasi baru, namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Pasalnya, seluruh aplikasi yang dikembangkan oleh Google memang benar-benar berkualitas dan menarik.

Sebelum GadgetGan memberikan tips mudah cara remote komputer lewat Android, ada beberapa langkah persiapan yang harus Anda lakukan, yakni :

  • Sebuah komputer PC atau laptop
  • Sebuah smartphone Android dengan sistem operasi minimal 4.0 Ice Cream Sandwich
  • Sebuah akun Google

Tips Mudah Cara Remote Komputer Lewat Android

  1. Downloadlah Google Chrome terbaru dan installah pada komputer atau laptop yang akan digunakan.
  2. Loginlah pada Google Chrome tersebut dengan menggunakan akun Google yang Anda miliki.
  3. Jika telah berhasil login, installah Chrome Remote Desktop Extension untuk Google Chrome Anda.
  4. Setelah berhasil melakukan penginstalan, jalankan ekstension tersebut. Nantinya akan muncul sebuah halaman dan carilah tombol Enable remote Connections. Kliklah tombol tersebut.
  5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menuliskan PIN, maka tuliskanlah PIN yang Anda inginkan. Dimana PIN tersebut terdiri dari 6 karakter yang berupa angka.
  6. Jika diminta untuk memasukkan PIN lagi, tuliskan kembali password yang Anda inginkan.

Setelah langkah di atas telah berhasil Anda lakukan, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya.

  1. Installah software Chrome Desktop Remote Host pada komputer yang Anda gunakan. Fungsi dari software ini sendiri ialah sebagai penghubung antara komputer dengan perangkat Android.
  2. Jika berbagai langkah-langkah sebelumnya telah berhasil Anda lakukan, smartphone akan menampilkan nama komputer yang ingin Anda kontrol. Jika masih belum muncul, kliklah tombol Refresh.
  3. Setelah tersambung, aktifkan mode “Auto Rotate”. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengontrol komputer dengan mode Landscape.
Sponsored Links