Tips Mudah Cara Merubah Sinyal 3G Menjadi 4G LTE

GadgetGan.com – Teknologi 4G LTE merupakan salah satu teknologi yang tengah digandrungi para pengguna smartphone karena mampu menyuguhkan kecepatan akses internet yang super kencang, baik untuk browsing, mengakses media sosial hingga streaming video. Namun sayangnya, tak sedikit diantaranya yang masih terjebak dengan konektivitas 3G meskipun smartphone yang dimilikinya telah mendukung 4G LTE.

Hal ini bukan tanpa alasan, meskipun memiliki smartphone dengan teknologi termutakhir, namun masih banyak daerah yang belum terjangkau oleh jaringan 4G. Akibatnya, para pengguna smartphone di Indonesia pun masih menerapkan jaringan 3G HSPA.

Lantas, bagamana cara mengubah sinyal 3G menjadi 4G LTE ? Simak tipsnya berikut ini.

  • Opera Max

Berbagai aktivitas yang terjadi pada sebuah smartphone pada dasarnya memanfaatkan data internet, terlebih lagi saat ini telah banyak aplikasi yang telah mendukung konten dengan kualitas HD. Namun, jika smartphone yang Anda gunakan masih berada di jaringan 3G, hal ini dapat dikatakan cukup berat dan membuang banyak kuota.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu melirik Opera Max. Selain mampu meminimalisir kuota yang digunakan, Opera Max rupanya mampu mengompres konten hingga 23 persen sebelum diputar di smartphone Anda. Bahkan tak hanya itu, ia juga mampu melakukan penghematan hingga 50 persen.

  • Matikan Autoplay Video di Facebook dan Instagram

Saat ini, Facebook dan Instagram merupakan dua media sosial yang telah mendukung konten video. Namun sayangnya, jaringan 3G kadang kala membuat pemutaran video menjadi lebih tak menarik akan menunggu buffering yang cukup lama, sehingga kuota akan lebih cepat habis. Untuk itu, sebaiknya Anda mamtikan fitur autoplay video yang terdapat di kedua media sosial tersebut.

  • Gunakan Aplikasi Versi Lite

Facebook merupakan salah satu media sosial yang hingga saat ini memiliki jumlah pengguna yang cukup tinggi. Terlebih lagi, media sosial ini sangat mudah untuk digunakan. Salah satu cara untuk mempercepat koneksi internet yang terdapat di samrtphone Android ialah dengan menggunakan Facebook Lite.

Dengan menggunakan aplikasi versi Lite ini, maka Anda akan mampu mempercepat jaringan 3G dengan sangat baik. Hal tersebut disebabkan aplikasi Facebook Lite memang cenderung sangat ringan dan sangat irit terhadap penggunaan data internet.

Sponsored Links