Tips Mudah Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Meski sebuah smartphone atau tablet dibekali dengan layar sentuh yang cukup besar, namun ada kalanya kita masih merasa kurang. Apalagi jika ada konten yang sangat menarik dan bisa dinikmati bersama kerabat.

Gak kebayang kan, smartphone dengan layar 5 inci ditonton oleh 5 orang lebih ? Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mencari layar yang lebih besar, yaitu TV.

Namun, bagaimana cara mengoneksikan perangkat Android ke TV ? Caranya cukup mudah, berikut ini akan kami bagikan.

Terdapat dua pilihan yang bisa dipilih. Pertama menggunakan kabel dari smartphone atau tablet yang lalu dihubungkan ke TV. Kedua, menggunakan koneksi wireless dari teknologi Miracast Google.

Koneksi Kabel

Koneksi Kabel

Gunakan kabel yang sesuai dengan ponsel Anda. Pilihannya adalah :

Micro HDMI ke HDMI.
MHL. Kabel jenis ini dibekali dengan dua konektor, MicroUSB ke HDMI. Pastikan bahwa smartphone Anda dibekali dengan fitur MHL, sebab, tidak semuanya menyediakan dukungan teknologi ini.

Perlu diketahui, jika Anda melakukan koneksi lewat kabel, pastikan smartphone Anda mengusung Android minimal versi 4.2 KitKat atau ke atas. Baru sambungkan smartphone Anda dengan TV lewat kabel tersebut.

Miracast

Miracast

Apabila TV Anda tidak memiliki fitur Miracast, maka Anda butuh Miracast dongle atau receiver. Lalu, setting pada perangkat Android. Pilih Display > Wireless Mirroring or Cast Screen. Atur ke posisi ON.

Tunggu hingga beberapa waktu, maka kita akan melihat daftar jaringan Miracast dari televisi atau dongle. Setelah menekan jaringan Miracast yang sesuai, smartphone Anda akan menstabilkan koneksi, mungkin membutuhkan waktu yang agak lama.

Jika, sudah maka tampilan di layar Android akan tampil pula di TV.

Sponsored Links