Tips Mengetahui Orang yang Mencuri WiFi Anda

GadgetGan.com – Anda tentu akan merasa risih ketika WiFi Anda digunakan orang lain secara diam-diam. Pasalnya, hal ini bakal mengakibatkan kecepatan WiFi menjadi lebih lambat karena terbagi dengan banyak pengguna. Untuk mengatasi hal ini, GadgetGan memiliki tips untuk mengetahui siapa saja orang yang mencuri WiFi Anda.

Tips Mengetahui Orang yang Mencuri WiFi Anda

  • Cek Halaman Admin dari Router

Cara yang dapat dilakukan untuk menengok perangkat mana saja yang terhubung dengan jaringan WiFi Anda ialah dengan memasuki halaman admin router. Hal ini dapat dimulai dengan melakukan pemeriksaan daftar client-DHCP terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana cara untuk masuk ke halaman admin router ? Anda dapat membaca buku petunjuk yang tersedia di dalam kotak dus router untuk melihat informasi akun administrator.

  • Gunakan Aplikasi Pemindai Jaringan

Jika Anda tidak ingin repot-repot masuk ke halaman administrasi router, gunakanlah aplikasi pemindai jaringan untuk mengetahui orang yang mencuri WiFi Anda. Banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan karena pabrikan router biasanya akan memiliki aplikasi sendiri. Contohnya Apple’s AirPort, Linkys Connect.

  • Mendaftar Pengguna WiFi

Setelah mengidentifikasi seluruh perangkat yang terhubung dengan WiFi Anda, kini saatnya untuk membuat daftar perangkat yang telah mengakses jaringan tersebut. Lakukan analisis untuk mendeteksi mana perangkat yang mencurigakan dan tidak.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi nama dan jenis perangkat, sebaiknya matikan terlebih dahulu seluruh perangkat yang terhubung. Dengan demikian, Anda pun dapat mengetahui perangkat yang masih berstatus hidup. Jika ada perangkat yang masih nyantol, sebaiknya lakukan pengecekan apakah perangkat tersebut mencurigakan atau tidak.

Sponsored Links