Tips Memperbaiki Memory Card yang Tidak Terbaca atau Rusak

GadgetGan.com – Memory card atau yang kerap disebut SDCard merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dan banyak dicari oleh masyarakat modern.

Namun sayangnya, memory card sering mengalami permasalahan, diantaranya ialah tidak terbaca atau rusak. Tentu hal ini menjadi keresahan bagi si pemilik karena data-data yang berada di dalam memory akan turut hangus.

Tak perlu khawatir, kali ini GadgetGan akan memberikan tips memperbaiki memory card yang tidak terbaca atau rusak.

Membersihkan Memory Card

Langkah pertama dalam memperbaiki memory card yang tidak terbaca ialah dengan membersihkannya. Bersihkan lempengen tembaga yang ditandai dengan warna keemasan dengan penghapus pensil yang berwarna putih. Gosoklah secara perlahan hingga bersih.

Memformat Memory Card dari Android

Langkah selanjutnya ialah menformat memory card dari smartphone Android. Caranya ialah masuk ke menu Setting, kemudian pilih Storage. Selanjutnya, pilih Erase SD Card. Dengan memformat memory card, maka data-data yang tersimpan akan hilang dan kembali seperti baru.

Cek Error dari PC atau Laptop

  1. Hubungan smartphone Android dengan PC atau laptop dengan menggunakan kabel data.
  2. Pastikan bahwa pengaturan terhubungnya Android dengan PC tersebut bujanlah Media Transfer Mode (MTP), melainkan Mass Storage Mode (MSC).
  3. Bukalah Windows Explorer, kemudian klik kanan pada Drive memory card. Selanjutnya, pilih Properties > Tools > Error Checking dan tunggulah beberapa saat hingga keseluruhan proses tersebut selesai.
  4. Eject memory card.
  5. Ceklah apakah memory card tersebut sudah dapat terbaca atau belum.
Sponsored Links