Tips Matikan Perbaikan Teks Otomatis di Smartphone Android

GadgetGan.com – Perkembangan teknologi yang makin pesat membuat kehadiran smartphone Android tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana smartphone tersebut dapat membantu pengguna untuk melakukan berbagai hal. Salah satu kemampuan utama yang dibutuhkan ketika memiliki smartphone ialah mengetik.

Namun sayangnya, proses pengiriman pesan teks sering mengalami kesalahan karena adanya fitur autocorrect sebagai fitur perbaikan otomatis pada smartphone Android. Hal inilah yang membuat para pengguna Android menjadi jengkel.

Pada dasarnya, permasalahan ini dapat diatasi dengan menonaktifkan fitur autocorrect yang terdapat pada perangkat. Untuk menonaktifkannya sendiri terbilang cukup mudah, namun berbeda antara merk perangkat dan versi sistem operasi satu dengan lainnya. Namun, biasanya melalui menu Settings, kemudian memilih Language dan Input.

Pada smartphone dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dan Android 7.0 Nougat, cara menonaktifkan fitur autocorrect ialah dengan masuk ke menu Settings, pilih Languages & Input, pilih Virtual Keyboard, pilih Gboard, dan memilih Text Correction. Kemudian, gulirlah ke bagian Correction dan geser tuas pada bagian auto-correction. Ubahlah menjadi kondisi off yang ditandai dengan warna abu-abu.

Langkah yang dilakukan untuk smartphone dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop pun berbeda pula. Karena belum didukung oleh keyboard Gboard, cara menonaktifkannya fitur autocorrect ialah dengan masuk ke menu Setting, kemudian pilih Language & Input, pilih nama keyboard default perangkat, pilih Advanced Settings dan pilih Auto-correction. Ubahlah kondisinya hingga berada dalam kondisi off.

Dengan menonaktifkan fitur tersebut, pengguna pun dapat menghindari kesalahan yang tidak diinginkan. ketika mengetik atau mengirimkan sebuah pesan.

Sponsored Links