Tips dan Trik Untuk Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Gadgetgan.com – Smartphone saat ini merupakan sebuah pegangan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Salah satunya adalah iPhone, ponsel pintar buatan Apple yang merupakan smartphone mendunia dan digemari banyak orang. Dalam smartphone ini tersedia banyak fitur menarik serta spesifikasi yang cukup lengkap didalamnya.

Karena kecanggihan iPhone yang sudah tidak diragukan lagi, maka banyak kemudian produsen lain yang menirukan gaya tampilan iPhone sehingga terlihat sama seperti tampilan iPhone yang asli, akan tetapi merupakan produk palsu. Tentu hal ini akan mengecewakan para konsumen yang membeli perangkat palsu tersebut.

Oleh karena itulah kita harus benar-benar mewaspadai hal-hal buruk, makanya agar tidak terkena tipu ketika membeli perangkat iPhone yang asli, kita harus mengetahui faktor pembeda dari perangkat iPhone yang asli dan yang palsu.

Berikut adalah perbedaan antara iPhone asli dengan yang palsu :

1. Menu AppStore
Pastikan produk iPhone yang anda beli dilengkapi dengan AppStore yang merupakan pasar aplikasi, dalam perangkat Android dikenal dengan Google Play Store, jika iPhone tersebut merupakan buatan asli dari pihak Apple maka tentu saja akan dilengkapi oleh AppStore. Jika iPhone tiruan maka akan dilengkapi oleh Google Play yang dimiliki oleh Android.

2. Lihat Sistem Operasinya
iPhone yang asli tentu saja menggunakan OS buatan Apple sendiri yaitu iOS yang menjadi ciri khasnya. Sementara jika iPhone tersebut palsu maka yang digunakan adalah sistem operasi Android yang memang mudah untuk dikustomisasi sehingga terlihat mirip seperti pada iOS. Apabila ingin mengecek keasliannya, anda bisa melihat pada menu Pengaturan kemudian periksa OS yang digunakan.

3. Gunakan iTunes
Sudah bukan rahasia lagi apabila umumnya perangkat buatan Apple pastilah bisa mengenali satu sama lainnya. Anda bisa mengecek keasliannya dengan cara mengecek dulu dengan iTunes pada komputer lain. Jika iPhone tersebut asli maka otomatis akan terbaca dengan mudah pada iTunes, hal sebaliknya akan berlaku jika ternyata perangkat tersebut palsu.

4. Lihat material perangkat
Perhatikan bahan atau material yang digunakan pada smartphone iPhone yang digunakan. Smartphone yang menyasar pasar menengah ke atas tersebut menggunakan material yang premium dan terkesan mewah, jika pada bagian body saja kesannya sudah jauh dari hal tersebut atau terbuat dari plastik maka bisa dipastikan iPhone tersebut palsu.

5. Periksa garansi iPhone
Anda bisa memeriksa garansinya lewat website, maka pastikan sebelum membeli iPhone tersebut, lihat dahulu nomor IMEI yang ada pada dosboxnya, cek lewat web resmi dari Apple sendiri dengan memasukkan nomor IMEI dari perangkat tersebut. Jika muncul ketaerangan dan bertuliskan asli maka iPhone tersebut dapat dipercaya, jika tidak maka urungkan niat untuk membelinya.

Sponsored Links