Tips dan Trik Membuat Kartu Memori Jadi Penyimpanan Internal Android

Ruang penyimpanan adalah salah satu hal yang diperhatikan oleh kebanyakan orang ketika membeli sebuah smartphone. Hadirnya slot microSD terkadang juga menjadi saya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang. Bahkan slot microSD terkadang menjadi salah satu senjata ampuh ketika smartphone tak memiliki banyak ruang penyimpanan.

Bagi anda yang memiliki smartphone Entry level tentu saja kebingungan untuk mengimpan seluruh foto dan file – file penting pada Android karena terbentur ruang penyimpanan yang sangat sedikit. Namum pada kenyataanya aplikasi ataupun file hanya sedikit yang dapat dipindahkan ke kartu memori. Untuk mengatasi masalah tersebut berikut ini akan kami ulas tops dan trik untuk membuat kartu memori menjadi penyimpanan internal pada smartphone Android anda.

Anda dapat mengaktifkan fitur Adoptable Storage yang biasanya terdapay pada Android versi 6.0 Marshmallow. Dengan fitur tersebut anda dapat membuat kartu microSD menjadi penyimpanan internal. Namun tak jarang produsen menonaktifkan fitur tersebut. Berikut adalah cara mengaktikan fitur Adoptabe Storage untuk memuat memori ekternal anda menjadi penyimpanan internal.

1. Masukkan kartu microSD pada smartphone Android milik anda.

2. Back Up seluruh data data penting yang anda miliki pada kartu SD. Hal ini lantaran pada langkah – angkah proses nantinya akan ada tahap untuk memformat kartu SD.

3. Setelah kartu SD terdeteksi masuk dalam smartphone maka langkah selanjutnya adalah membuka menu setting.

4. Geser kebawah kemudian klik menu Storage

5. Langkah selanjutnya pilih kartu microSD yang anda miliki, klik tiga titik vertikal yang terdapat di pojok kanan atas layar kamudian klik Storage Settings

6. Selanjutnya pilih Format As Internal

7. Setelah melakukan langkah – langkah tersebut maka anda akan diberi sebuah peringatan dan konfirmasi dengan menekan tombol Erase & Format dan klik OK untuk membuat kartu SD anda menjadi penyimpanan internal

Sponsored Links