Tips dan Trik Charging Baterai Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama

Dalam dunia smartphone memang sudah tidak bisa dipisahkan dengan komponen yang sangat penting yakni baterai. Komponen ini seperti menjadi nyawa dari smartphone karena tanpa kehadiran baterai, secanggih apapun smartphone anda maka akan tidak ada artinya.

Sementara itu baterai ketika anda pakai sehari-hari maka dayanya akan selalu terkuras habis seiring seberapa berat anda menggunakan kinerja dari smartphone anda tersebut. Dan cara satu-satunya untuk mengisi daya baterai tersebut adalah charging.

Namun kebanyakan saat ini banyak konsumen yang salah kaprah dalam melakukan metode charging baterai di smartphone mereka masing-masing. Jelas kesalah kaprahan seperti ini akan membuat kinerja baterai menjadi melemah dan berbahaya terhadap kesehatan baterai anda tersebut. Berikut ini adalah tips mudah dalam menjaga umur baterai agar tetap awet melalui proses charging yang benar dan tepat.

  1. Segera cabut charger anda jika notifikasi pengisian baterai sudah 100%. Hal ini jelas akan sangat berbahaya jika diteruskan melakukan charging dalam kondisi sudah 100% karena berbagai penelitian menyebutkan jika sudah dalam kondisi 100% wajib dicabut.
  2. Isi baterai anda secara berkala dan secukupnya saja. Jangan biarkan kapasitas baterai anda menurun drastis bahkan hingga mengalami drop. Hal seperti ini juga sangat membahayakan.
  3. Isi baterai anda di persentase 90%-100% saja dan selalu jaga temperatur smartphone anda agar tidak membahayakan komponen internal dari baterai anda karena cuaca yang terlalu panas.
Sponsored Links