Tips Cara Mudah Format Flashdisk Melalui CMD

Memformat memori atau flashdisk sudah bukan lagi menjadi hal asing untuk kita kenali. Tak sedikit orang-orang melakukan hal ini untuk berbagai kepentingan tertentu. Ada banyak cara untuk bisa memformat memori atau ruang penyimpanan seperti flashdisk ini misalnya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa flashdisk yang ada saat ini memiliki ruang penyimpanan yang terbatas sehingga kita tidak bisa seenaknya menyimpan banyak file dengan ukuran besar pada flashdisk kita.

Dalam hal ini kita lebih memilih untuk menghapus file tersebut supaya tidak memenuhi ruang penyimpanan. Untuk melakukan hal seperti ini tak sedikit pula diantara kita memilih untuk memformat flashdisk supaya bisa tersedia ruang penyimpanan yang cukup banyak untuk kemudian dapat diisi oleh file baru yang mungkin saja penting.

Salah satu cara untuk memformat flashdisk adalah dengan melalui CMD atau Control Panel. Penasaran bagaimana cara memformat melalui CMD? Berikut kami berikan ulasan lengkapnya :

1. Anda perlu menancapkan flashdisk yang hendak diformat pada PC.

2. Langkah selanjutnya adalah membuka Command Promt as Administrator. Perlu diingat apabila menjalankan CMD harus as Administrator, jika tidak begitu maka anda akan mengalami kegagalan. Setelah itu klik pada logo Start, pilih Command Prompt (Admin).

3. Selanjutnya jendela CMD akan terbuka, ketiklah diskpart kemudian Enter, maka anda akan masuk ke Ultility.

4. Setelah itu, ketik list disk, kemudian tekan Enter maka disk yang aktif akan tampil, sebelumnya anda harus mengetahui nomor disk yang hendak diformat, karena tentu apabila salah pilih maka bisa jadi disk yang anda formatpun salah.

5. Setelah mengetahui nomor atau kode disk yang hendak diformat, maka selnjutnya anda ketik select disk 1, maka angka 1 merupakan nomor flashdisk yang akan anda menghapus data.

6. Berikutnya, ketiklah clean, maka anda sama seperti telah melakukan proses menghapus data dalam flashdisk tersebut.

7. Selanjutnya, ketik lagi list disk, kemudian tekan Enter maka CMD akan menampilkan daftar disk yang masih aktif, hal ini dilakukan untuk dapat memastikan apakah disk yang kita format sudah benar-benar merupakan disk tersebut atau tidak. Apabila ada tanda bintang (*) di sisi kiri, maka berarti disk tersebut sudah siap dipilih untuk kemudian diformat. Apabila belum ditemukan tanda (*) maka anda ulangi lagi langkah seperti diatas dengan benar.

8. Jika benar maka data dalam flashdisk sudah terhapus. Selanjutnya anda ketikkan create partition primary lalu tekan Enter.

9. Masukkan perintah berikut select partition 1, angka 1 sebagai contoh dari list flashdisk yang akan dihapus tersebut. Setelah itu ketik active kemudian tekan Enter, hal ini dilakukan untuk mengaktifkan partisi.

10. Setelah selesai, maka anda akan melakukan proses format dengan format NTFS dan memberi nama baru pada flashdisk tersebut. Ketiklah FS=NTFS label =flashdiskbaru quick, untuk mengubah nama baru pada flashdisk menjadi flashdiskbaru. Selanjutnya adalah ketik “assign letter = B” gunanya untuk dapat memberi driver letter pada flashdisk.

11. Apabila sudah selesai, langkah berikutnya adalah ketik exit untuk keluar dari Ultility Diskpart atau bisa langsung menutup jendela CMD.

Sponsored Links