Tips Cara Memperbaiki HP Android yang Tiba-Tiba Restart

GadgetGan.com – HP Android yang tiba-tiba restart ketika digunakan tentu membuat penggunanya menjadi kesal. Meskipun sudah dinyalakan, namun sering kali ia kembali mengalami restart. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh berbagai hal, bisa disebabkan sisa RAM yang semakin sedikit, baterai yang terlalu panas dan lain sebagainya.

Namun tidak hanya hanya terkait spesifiaksi, HP Android yang tiba-tiba restart juga dapat disebabkan kesalahan yang tidak mampu dideteksi oleh sistem operasi. Tak perlu khawatir karena pada dasarnya hal ini dapat diperbaiki.

Tips Cara Memperbaiki HP Android yang Tiba-Tiba Restart

  • Cabut Baterai

Cara yang pertama untuk memperbaiki HP Android yang tiba-tiba restart. Hal ini sangat cocok digunakan untuk HP Android dengan baterai removable atau lepas pasang. Hal yang perlu Anda lakukan ialah mencabut baterai beberapa saat, kemudian pasanglah kembali. Setelah dipasang, nyalakan HP Android Anda seperti biasanya.

  • Factory Reset

Jika telah mencabut baterai dan mengaktifkannya kembali namun masih belum juga membaik, hal yang perlu Anda lakukan ialah factory reset. Namun sebelum melakukan ini, backuplah seluruh data-data penting yang ada pada ponsel, baik file multimedia, kontak dan sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir hilangnya data ketika di-factory reset.

Setelah di-factory reset, HP Android Anda akan kembali ke pengaturan awal, yakni pengaturan default seperti pertama kali membelinya. Jika smartphone Android Anda belum di-root, Anda dapat menggunakan cloud service untuk memback up data, contohnya Google Drive. Sedangkan untuk smartphone yang telah di-root, bisa menggunakan Titanium Backup.

Sponsored Links