Tips Cara Atasi Memori iPhone yang Kepenuhan

GadgetGan.com – Ruang penyimpanan merupakan salah satu hal yang sangat dipertimbangkan ketika membeli sebuah ponsel terbasuk iPhone. Bagi anda yang memiliki iPhone dengan varian memori 64GB tak akan mengalami masalah apapun untuk menyimpan seluruh file yang dimiliki. Karena memang sudah cukup luas dan nyaman untuk digunakan menyimpan file apapun. Namun hal berbeda dialami oleh ponsel iPhone yang memiliki memori varian 16GB. Beberapa masalah penyimpanan akan dihadapi oleh para penggunanya.

Hal ini lantaran, memori dengan kapasitas 16GB tentu dapat dibilang sangat minim jika dibandingkan dengan kebutuhan pengguna ponsel saat ini. Semakin besar ukuran foto , video dan file – file lainnya membuat kapasitas penyimpanan 16GB tentu akan semakin sedikit. Bahkan jika sudah terlampaui akan mempengaruhi kinerja iPhone dan juga aplikasi – aplikasi yang ada didalamnya.

Namun bagi anda pera pengguna iPhone yang memiliki keterbatasan memori jangan khawatir. Karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori ponsel yang terlalu penuh. Oleh karena itu simak tips – tips berikut ini.

Hapus Pesan Teks yang Sudah Lama

Pada iPhone pesan teks yang masuk secara otomatis akan disimpan oleh memori. Sehingga semakin banyak pesan yang anda simpan, maka semakin banyak pula pesan tersebut memakan kapasitas memori. Oleh karena itu untuk menghindarinya masuklah pda menut setting dan pilih Messages, dan kemudian Keep Message. Maka akan muncul tampilan berua pilihan untuk menyimpan pesa dalam waktu 30 hari, 1 tahun atau bahkan selamanya. Pilihlah untuk menyimpan pesan selama 30 hari. Maka secara otomatis pesan yang berumur lebih dari 30 hari akan di hapus.

Hapus History dan Website Data

Memori dalam iPhone dapat dibuat lebih lega dengan secara rutin menghapus history ketika membuka website. Caranya dengan masuk pada menu setting, pilihlah Safari dan kemudian hapus dengan memilih clear historu and Website Data.

Gunakan Fitur Optimize iPhone Storage

Apabila kamu tergolong pada sesorang yang gemar mengabadikan foto dan menyimpannya, maka anda dapat menggunakan fitur Optimize iPhone Storage. Dengan menggunakan fitur tersebut format foto dan video yang anda simpan akan diubah kedalam ukuran yang lebih kecil, sehingga tak akan memakan kapasitas memori. Selain itu foto dan video akan diunggah di cloud dan dapat anda akses kapanpun ketika anda membutuhkan.

Maksimalkan Layanan Cloud

Pada iPhone layanan iCloud telah memberikan anda kapasitas 5GB secara gratis untuk menyimpan file file yang anda miliki. Akan tetapi jika anda membutuhkan kapasitas yang lebih anda dapat memanfaatkan layanan lain seperti Google Photos yang memberikan 15GB secara gratis dan juga Dropbox yang merupakan layanan penyimpanan cloud yang sudah terkenal.

Sponsored Links