System76 Meerkat, Komputer Mini Dengan Sistem Operasi Ubuntu Linux

Sebuah vendor teknologi bernama System76 baru-baru ini menghadirkan sebuah produk komputer mini canggih dengan spesifikasi kelas atas. Kecanggihan dari komputer mini adalah sudah menggunakan prosesor Intel generasi Broadwell dan menggunakan sistem operasi Linux.

Produk komputer mini tersebut memiliki nama System76 Meerkat. Komputer mini juga sudah dikembangkan dengan Intel NUC (Next unit Computing) yang sudah disempurnakan untuk OS Ubuntu Linux. System76 sendiri memang terkenal menghadirkan produk PC dengan OS Ubuntu Linux.

Komputer mini System76 Meerkat ini ternyata tidak menggunakan kipas atau menggunakan sistem pendingin pasif. System76 Meerkat menghadirkan spesifikasi dapur pacu prosesor System76 Core i3-5010U atau Core i5-5250, sistem grafis Intel HD Graphics 5500 untuk varian Core i3 dan HD Graphics 6000 untuk varian Core i5. Sementara kapasitas RAM nya untuk varian tertinggi mencapai 16GB.

Komputer mini ini juga memiliki fitur konektivitas yakni 4 port USB 3.0, DisplayPort, HDMI, Audio Jack, Ethernet, WiFi, dan Bluetooth. Tampilan dan bentuk dari komputer mini ini juga sangat ramping, kecil, dan ringkas.

Komputer mini ini dikabarkan dijual dengan banderol harga sekitar $500 atau jika dirupiahkan sekitar Rp 6,4 jutaan. Namun pihak vendor sendiri masih belum memastikan kapan komputer mini ini akan beredar di pasaran. Selain itu komputer mini System76 Meerkat ini ternyata tidak akan dijual di negara Indonesia.

Sponsored Links