Smartphone Android Terinfeksi Virus, Ini Cara Menghapusnya

GadgetGan.com – Salah satu yang dikhawatirkan dalam menggunakan smartphone ialah terinfeksi oleh virus. Untuk mengatasi hal ini, biasanya pengguna smartphone akan menyematkan aplikasi antivirus.

Kendati demikian, tidak semua orang menyukai adanya aplikasi antivirus pada smartphone-nya. Meskipun tanpa menggunakan antivirus, virus yang menginfeksi smartphone Anda rupanya dapat dihapus. Bagaimana caranya ? Simak ulasannya berikut ini.

  • Masuk ke Safe Mode

Safe Mode memungkinkan smartphone Android dapat bekerja dengan lebih ringan. Hal tersebut disebabkan, smartphone hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa oleh sistem. Ketika berada pada mode ini, aplikasi yang terinstal pada smartphone biasanya akan hilang sementara waktu.

Oleh karena itu, ketika berada di safe mode, pengguna smartphone pun dapat secara leluasa berpindah antara sistem aplikasi tanpa mengalami hambatan. Selain itu, ini juga memudahkan pengguna untuk melakukan pembersihkan terhadap file-file yang tidak penting, termasuk virus.

Cara masuk ke Safe Mode sendiri cukup mudah, namun antara perangkat Android satu dengan perangkat Android lainnya berbeda. Meskipun demikian, cara yang digunakan biasanya ialah mengkombinasikan antara tombol Power dengan volume ketika proses booting.

  • Cek Aplikasi di Safe Mode

Ketika berada pada safe mode, segera lakukan pengecekan aplikasi yang terinstal dengan masuk ke menu Settings, kemudian Apps dan pilih tab Downloaded. Dalam hal ini, sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi yang berasal dari pihak ketiga. Jika smartphone Anda telah terinfeksi oleh virus, maka aplikasi asing yang tidak pernah Anda install sebelumnya akan muncul.

  • Hapus Aplikasi Asing

Jika menemukan aplikasi asing yang bersifat mencurigakan, klik aplikasi tersebut dan lakukan uninstall. Namun sayangnya, ketika melakukan uninstall pada aplikasi, sering dijumpai aplikasi tersebut tidak akan dapat diuninstall. Hal tersebut disebabkan aplikasi asing ini telah memberikan akses administrator.

  • Hapus Hak Akses Administrator

Ketika menemukan sebuah aplikasi asing yang memberikan akses administrator, segera hapus aplikasi tersebut dengan masuk ke Settings, klik Security dan pilih Device Administrator. Hilangkanlah akses administrator tersebut. Setelah dihapus, tentunya Anda telah dapat menghapus aplikasi tersebut.

  • Keluar Safe Mode

Setelah proses penghapusan terhadap aplikasi berhasil, keluarlah dari Safe Mode. Caranya ialah dengan melakukan proses restart.

Sponsored Links