Segera Periksa, Ini 5 Tanda Smartphone Terkena Virus

Virus memang menjadi salah satu ancaman bagi smartphone Android. Bahkan dapat dikatakan dari tahun ancaman virus semakin berkembang. Seperti pada kabar yang tersebar belum lama ini terait ancaman virus ransomware WannaCry yang memberikan ancaman tersendiri bagi pengguna Andorid. Hal ini tentu saja membuat para pengguna Android menjadi sangat resah dan was – was akan ancaman virus tersebut.

Dengan adanya bahaya akan virus tersemut maka banyak orang yang kini mulai waspada dengan gejala yang ada. Sehingga untuk memastikan smartphone anda terbebas dari virus anda harus menggunakan smartphone dengan aman.Ketika terkena sebuah virus smartphone akan menunjukkan gejala – gejala yang tak wajar. Untuk memudahkan anda maka berikut ini akan kami berikan beberapa tanda ponsel terkena virus yang harus anda waspadai.

1. Daya Tahan Baterai Lemah

Salah satu sifat virus yang sama baik komputer maupun android adalah selalu aktif pada background. Pada Android sendiri virus yang aktif akan menampilkan sebuah iklan, menipulasi data sampai menjalankan program yang tidak penting hingga baterai menjadi sangat cepat habis. Apabila anda menemukan daya tahan baterai yang sudah tak awet lagi dan cepa habis, maka anda harus waspada karena bisa saja ponsel android anda sudah terjangkit virus.

2. Kualitas Panggilan Terganggu

Jika anda pernah merasakan melakukan aktivitas panggilan namun mendapati suara yang tak jelas meski sinyalnya kuat, maka patut diwaspadai ponsel anda sudah terena virus. Hal ni lantaran virus dapat mencuri data dari ercakapan telepon, sehingga kualitas panggilan anda akan terganggu.

3. Tagihan Telepon atau Pulsa Membengkak

Pada virus smartphone terdapat banyak sekali bagian yang memiliki tugas untuk mengirim data dalam bentuk SMS atau melakukan pembayaran sendiri. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menguntungkan pengembang virus untuk mendapatkan pundi pundi uang.

4. Lalu Lintas Data Internet Meningkat

Adanya sebuah virus dapat diperiksa dengan mengetahui tinggi rendahnya lalu lintas data pada smartphone. Tak hanya aktif dalam mengirim data dari korban. Virus juga sangat rajin dalam melaukan download dan upadte untuk menjaga dirinya agar tetap hidup pada smartphone tersebut.

5. Performa Tidak Maksimal

Apabila anda memiliki smartphone dengan RAM cukup besar yakni 4GB dengan baterai 5.000mAH namun sering mengalami LAG dan tiba – tiba melakukan restart dengan sendirinya. Maka dapat dipastikan bahwa ponsel yang anda miliki telah terjangkit sebuah virus. Virus akan membuat konsumsi sumber data semakin boros sehingga smartphone yang anda miliki tak akan berjalan dengan maksimal.

Sponsored Links