Sebelum Beli Ponsel Android Murah, Sebaiknya Lakukan 3 hal Berikut ini

Smartphone kini telah menjadi kebutuhan. Selain untuk gaya hidup, smartphone juga dapat memudahkan berbagai pekerjaan Anda. Banyak sekali merk smartphone, khusunya Android yang dijual dengan harga murah di Indonesia.

Namun celakanya, harga murah belum menjamin kualitas dari smartphone tersebut. Bisa jadi, smartphone yang dijual adalah smartphone replikasi, bukan aslinya. Nah, sebelum membeli smartphone Anda baiknya melakukan 3 hal berikut.

Cek Keaslian Smartphone

Smartphone replikasi biasanya dibuat dengan bentuk semirip mungkin dengan smartphone asli. Jika masih memungkinkan, Anda bisa mengecek nomor IMEI atau serial number ke website resmi smartphone tersebut.

Cara lain dengan boot hingga menu recovery. Sebab, kebanyakan smartphone palsu hadir dengan tool atau recovery berbahasai Tiongkok. Sementara yang asli menggunakan bahasa Inggris. Anda bisa menekan tombol Power dan Volue bawah bersamaan.

Cek Spesifikasinya

Manfaatkan situs-situs terkenal untuk mengecek spesifikasi smartphone tersebut. Biasanya, smarthone replikasi mengusung spesifikasi lebih rendah dibanding yang asli.

Cara mengeceknya mudah, instal saja aplikasi pihak ketiga seperti AnTuTu atau CPU-Z smartphone lama Anda.

Cek Kondisi, sudah di-Root atau Belum

Bagi smartphone asli, tidak mungkin dijual dengan kondisi device yang sudah di-root. Tapi, ada beberapa produsen Tiongkok yang menjual smartphone mereka dalam kondisi telah di-root. Anda bisa mengeceknya dengan memanfaatkan aplikasi Root Checker.

Sponsored Links