Review Apple iPhone SE : Spesifikasi Monster Ukuran Mungil 4 Inci

Belakangan ini muncul budaya baru, yakni smartphone baru akan mengusung resolusi layar berukuran besar. Hal ini cukup bagus memang, namun sangat merepotkan dibawah ke mana-mana. Apabila Anda merindukan smartphone yang mudah digunakan dengan satu tangan dan mudah masuk ke kantong, jelas smartphone besutan Apple berikut ini, iPhone SE.

Beberapa kali telah beredar bocoran spesifikasi, hingga akhirnya Apple secara resmi memperkenalkan produk iPhone terbaru mereka yang diberi nama iPhone SE dengan layar sentuh berukuran 4 inci.

iPhone SE hadir dengan ukuran mini namun memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan iPhone 6S. Sedangkan untuk bodinya, iPhone SE terlihat sangat identik dengan iPhone 5S yang dirils pada tahun 2013 silam.

Perbedaan terlihat di tepian bingkai yang lebih halus dan lebih tipis. Apple merilis smartphone ini dengan warna baru, rose gold, selain warna satunya, yakni Gold.

Meski iPhone SE mengusung ukuran mini, namun spesifikasi cukup mumpuni. iPhone berukuran 4 inci ini ditopang oleh chipset Apple A9 dengan co-prosesor M9. Chipset tersebut memiliki prosesor dual-core 1.84 GHz yang dipadukan dengna GPU PowerVR GT7600.

Apple juga menjanjikan iPhone SE memberikan kinerja CPU 2x lipat lebih cepat dibanding iPhone 5S dan 3x lebih baik untuk bagian pengolah grafisnya.

Apple meluncurkan iPhone SE dengan kamera iSight 12MP yang merupakan upgrade besar dibanding iPhone 5S yang hanya 8MP. Perlu diketahui bahwa saat ini, kamera smartphone dari Apple terbaik ada di ponsel cerdas iPhone 5S yang beresolusi 8MP.

Namun, dalam smartphone ini kemungkinan dibekali dengan fitur resolusi yang sama, teknologi fokus cepat Pixel Focus yang sama, prosesor image signal baru dan panorama hingga 63MP.

Selain itu, Apple juga memberikan dukungan Live Photos dan kamera depan yag lebih baik. Layar iPhone SE bisa digunakan untuk lampu selfie atau screen flash. Smartphone ini juga mampu merekam video 4K!

Meski Apple tidak menjelaskan kapasitas baterai dari iPhone SE, namun Apple mengungkap perbandingan daya tahan baterai iPhone SE yang mampu mengalahkan iPhone 5S dan iPhone 6S yang jauh lebih mahal.

Kemampuan yang paling kentara adalah ketika iPhone SE digunakan untuk browsing dan menonton video, yang terbukti lebih baik sekitar 30% dibanding iPhone 6S dan iPhone 5S.

Untuk harganya, Apple membandrol iPhone SE 16GB sebesar Rp 5,2 juaan. Sementara untuk varian 64GB dijual seharga Rp 6,5 jutaan. Untuk sementara ini, jika Anda ingin memilikinya Anda harus terbang ke Singapura pada tanggal 31 Maret 2016. Indonesia masih belum masuk daftar negara yang akan dikunjungi oleh iPhone SE ini.

Sponsored Links