Rekrut Payroll Specialist atau Pakai Payroll Service?

Payroll adalah sebuah sistem administrasi penggajian yang dilakukan perusahaan baik setiap minggu ataupun bulan. Kegiatan payroll tentu sangat penting bagi sebuah perusahaan karena menyangkut pengalokasian keuangan perusahaan. Banyaknya tugas yang harus dilakukan dalam proses payroll membuat perusahaan harus mencari suatu cara untuk mensiasatinya.

Ada dua cara yang dapat dicoba perusahaan untuk mengatasinya, yaitu mempekerjakan payroll specialist atau menggunakan payroll service. Kedua cara ini tentu ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Agar pilihan perusahaan tepat, berikut pembahasan keduanya.

Rekrut Payroll Specialist

Merekrut payroll specialist banyak menguntungkan perusahaan karena payroll specialist menjadi karyawan tetap. Sehingga perusahaan dapat lebih mudah mengontrol pekerjaan. Perusahaan juga dapat mengakses data secara langsung dan dapat komunikasi secara langsung apabila terdapat perubahan. Secara biaya, payroll specialist tentu memiliki gaji, sehingga perusahaan hanya perlu menyiapkan kompensasi sesuai dengan aturan dan kesepakatan yang ada tanpa perlu mengkhawatirkan biaya tambahan.

Data perusahaan yang bersifat sensitif dan rahasia juga dapat aman dari pihak luar yang menjadi kompetitor perusahaan. Kalaupun terdapat kebocoran data, perusahaan akan lebih mudah dalam mengendalikannya karena dapat secara langsung melakukan akses ke penanggung jawab.

Sayangnya, payroll specialist juga memiliki beberapa kekurangan seperti biaya yang menjadi lebih mahal karena semakin berpengalaman dan kompeten tentu akan semakin mahal gajinya sehingga pengeluaran perusahaan bertambah, kebocoran informasi ke internal menjadi sangat besar peluangnya, dan peluang terjadinya human error menjadi lebih besar.

Oleh karena itulah, banyak perusahaan yang jauh lebih memilih menggunakan payroll service. Hal ini dikarenakan kelebihannya sebagai berikut.

Kelebihan Pakai Payroll Service

1.  Menghemat Biaya Operasional

Perusahaan dapat mengurangi biaya operasional apabila menggunakan payroll service. Hal ini dikarenakan perusahaan hanya perlu membayar sesuai dengan paket yang diinginkan.

Baca Juga :  7 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Payroll Outsourcing

2.  Perusahaan Dapat Fokus Pekerjaan Inti

Payroll bukanlah pekerjaan inti walaupun sangat penting dalam perusahaan dan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Dengan menggunakan payroll service, perusahaan akan dapat fokus pekerjaan inti dan lebih banyak produktivitas.

3.  Keamanan Data Terjaga

Perlu diketahui, penggunaan payroll service diklaim jauh lebih aman dari kebocoran data ke pihak internal. Kebocoran data penting dapat menyebabkan konflik kepentingan.

4.  Human Error Terminimalisir

Penggunaan payroll service dapat membantu meminimalisir kesalahan perhitungan gaji, PPh 21, dan permasalahan proses payroll lainnya.

Itulah perbedaan dari payroll specialist dan payroll service. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah secara bijak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Payroll service dari LinovHR merupakan solusi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengelola proses payroll.

LinovHR Payroll Service merupakan Payroll service berbasis web yang berlokasi di DKI Jakarta, Indonesia yang  dapat menjadi solusi terbaik untuk bisnis anda. Anda tak perlu lagi untuk mengalokasikan waktu, pikiran dan tenaga yang banyak untuk menangani setiap aktivitas payroll perusahaan.

Cukup dengan komputer dan koneksi internet yang ada, maka anda bisa melihat seluruh laporan payroll yang telah disajikan oleh tim payroll expert yang dimiliki LinovHR .

Sponsored Links