Pre-Order Tablet Ubuntu Pertama Bernama Aquaris M10 Resmi Dibuka

Tablet dengan sistem operasi Ubuntu pertama di dunia akhirnya resmi dirilis dan sudah mulai dibukan penjualan dengan sistem pre-order bernama tablet Aquaris M10. Tablet ini adalah yang pertama menggunakan sistem operasi Ubuntu di dunia.

Harga resmi pre-order dari tablet ini adalah sekitar €259 atau sekitar Rp 3,7 juta. Dengan harga tersebut, anda mendapatkan spesifikasi tablet mantab seperti chipset MediaTek MT8163 Cortex-A53, GPU Mali-T720MP2, dan RAM sebesar 2GB.

Sementara untuk layar, tablet ini menggunakan ukuran seluas 10,1 inci dengan ukuran yang masih tergolong besar, luas dan lega dikelasnya saat ini. Memori internal dari tablet Aquaris M10 ini mengusung kapasitas sebesar 16GB dengan dukungan slot MicroSD di dalamnya.

Jaringan dan konektivitas pada tablet Aquaris M10 ini mengusung port HDMI, Wi-Fi 802.11b/g/n, Bluetooth 4.0 dan GPS. Kamera belakang beresolusi sebesar 8MP dan kamera depan beresolusi sebesar 5MP saja.

Sementara itu ternyata tablet Aquaris M10 ini juga sudah ada versi Androidnya dimana memiliki banderol harga lebih murah dari versi Ubuntu ini. Namun di versi Ubuntu ini ada kelebihan seperti adanya fitur “convergence”, yang memungkinkan pengguna bisa mendapatkan interface bergaya ponsel dan saat dihubungkan dengan keyboard serta mouse bisa mendapatkan interface bergaya desktop.

Harga dari tablet ini dibedakan dari resolusi layarnya, dimana untuk harga termurah sekitar Rp 3,7 juta membawa resolusi layar sebesar 1280 x 800 piksel. Sementara yang termahal adalah layar dengan resolusi 1920 x 1200 dibanderol €290 atau sekitar Rp 4,3 juta.

Sponsored Links