Pilih Google Pixel XL atau iPhone 7 Plus? Ini Perbandingan Spesifikasi Fiturnya

Secara resmi Google telah merilis dua smartphone baru besutannya bernama Pixel dan Pixel XL tepat pada tanggal 4 Oktober 2016 kemarin. Kedua smartphone itu tidak menggunakan embel-embel Nexus.

Sepertinya Google telah memulai strategi baru untuk industri ponsel. Pixel dan Pixel XL sendiri hadir menjadi pesaing ketat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus milik Apple yang diluncurkan awal September kemarin.

Sebagai ponsel cerdas kelas Flagship, Google Pixel XL dilengkapi dengan beraneka fitur dan teknologi terbaru. Pula iPhone 7 Plus yang hadir dengan sejumlah peningkatan dari segi kinerja. Baik, berikut ini akan kami bandingkan spesifikasi dari Pixel XL dan iPhone 7 Plus, menang mana ?

Hardware

Baik Pixel XL atau iPhone 7 Plus sama-sama dibekali dengan memori internal mencapai 32GB. Google membekalkan Pixel XL dengan jeroan Snapdragon 821 yang dipadukan dengan RAM 4GB. Sedangkan iPhone 7 Plus mengusung prosesor A10 dengan RAM 3GB.

Di bagian layar, iPhone 7 Plus mengusung layar sentuh berukuran 5,5 full HD yang mampu menghasilkan kepadatan gambar hingga 401ppi. Sementara Pixel XL mengusung ukuran layar 5,5 inci AMOLED yang mampu menghasilkan kepadatan hingga 534 ppi dengan resolusi 1440 x 2560 piksel.

Meski lebih unggul Pixel XL, namun iPhone 7 Plus dibekali dengan sertifikasi IP67 dengan bodi yang tahan air untuk kedalaman mencapai 1 meter sampai waktu 30 menit.

Kamera

Apple telah menyiapkan lensa tele yang berguna untuk memperbesar gambar dari jarak jauh tanpa adanya distorsi untuk kamera belakang beresolusi 12MP iPhone 7 Plus. Dengan adanya fitur optical zoom dengan kekuatan hingga 2 kali ini, jelas Anda akan mendapatkan gambar yang lebih detail meski jarak Anda menangkap gambar tersebut cukup jauh.

Untuk Pixel XL, Google juga menyematkan kamera 12MP berukuran 1.55µm yang mengusung aperture mencapai f/2.0. Sama seperti iPhone 7 Plus, pengguna juga bisa merekam video beresolusi 4K. Fasilitas eksklusif yang ada di Pixel XL adalah fitur back up otomatis foto dan video ke layanan cloud storage Google Photo dalam jumlah yang tidak terbatas.

Fitur

Fitur menarik yang disematkan pada Pixel XL adalah Google Assistant yang mana fitur ini berbasis kecerdasan buatan dan akan membantu Anda menemukan banyak hal. Google Assistant ini sama seperti Google Allo, namun kali ini bisa Anda gunakan scara langsung. Selain itu juga ada fitur screen sharing yang terhubung langsung secara resmi Google selama 24 jam nonstop.

Untuk iPhone 7 Plus hadir dengan SDK yang memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga memanfaatkan fitur asisten suara pribadi Siri. Fitur Siri ini dapat menangani panggilan video, pemesanan kendaran, pembayaran, dan lain sebagainya.

Sponsored Links