Perlu Anda Ketahui, Inilah Bahaya Penggunaan Headphone Secara Berlebihan

Headset atau earphone merupakan alat yang biasa digunakan untuk mendengarkan musik secara personal. Hanya dengan menggunakan alat tersebut mendengarkan musik akan terasa lebih. Tapi, jika terlalu banyak atau berlebihan menggunakan headset juga tidak baik untuk kesehatan, terutama otak dan telinga. Berikut adalah hal negatif yang ditimbulkan jika berlebihan menggunakan headset.

Kerusakan permanen pada telinga

Anda bisa mengalami hal tersebut jika sudah tidak kuat lagi menahan tingginya volume pada headphone yang Anda dengarkan. Terlebih jika Anda menggunakan earphone, karena telinga akan sangat rapat dan kedap terhadap suara dari luar.

Tuli di usia 20 tahunan

Menurut penelitian, efek negatif menggunakan headphone berlebihan ini memang tidak langsung, namu secara perlahan. Biasanya efek akan mulai terasa di usia 20 tahunan. Pengguna akan mulai kehilangan pendengaran di usi tersebut.

Kerusakan otak

Gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetik ini berpengaruh pada listrik otak seekor tikus. Hingga kini belum diketahui besar efek yang ditimbulkan. Namun, Anda harus tetap hati-hati.

Menyebabkan jerawat pada area sekitar telinga

Pada beberapa kasus, banyak orang yang mengaku berjerawat di area sekitar telinga. Memang sepertinya bukan jerawat tapi mirip seperti jerawat karna akan terasa sakit bila ditekan.

Sponsored Links