Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi Wi-FI Yang Lambat

Di era serba posting ini, tentu banyak sekali orang yang memiliki koneksi WiFi atau router WiFi sendiri di rumahnya. Hal tersebut sangat berguna untuk bisa mengakses internet dari perangkat seperti laptop, atau smartphone. Namun masalahnya, sering kali koneksi WiFi tersebut berubah jadi lambat, sehingga kamu tidak bisa lancar menyelami dunia maya.

Lewat artikel ini, kami akan membagikan informasi mengenai penyebab koneksi WiFi menjadi lambat dan cara mengatasinya. Koneksi WiFi yang lambat dapat disebabkan oleh permasalahan konfigurasi router, gangguan nirkabel atau masalah yang berbau teknis lain.

Periksa Koneksi Internet

Sebelum kamu memutuskan untuk mengoprek perangkat WiFi kamu, ada baiknya kamu mengecek koneksi internet kamu terlebih dahulu menggunakan kabel ethernet. Gunakan kabel Ethernet untuk koneksi menggunakan WiFi, apabila hasilnya tetap sama yakni WiFi kamu lemot atau malah tidak bisa terkoneksi, berarti ada masalah pada ISP kamu.

Kalau memang masalahnya terletak pada ISP, jangan ragu untuk segera menghubungi pihak ISP tersebut guna mencari tahu permasalahan dan solusinya.

Update Firmware

Periksa router dan firmware modem kamu. Hal tersebut sangatlah penting, biasanya dalam update Firmware terdapat perbaikan bug dan software yang mungkin belum kamu ketahui. Selalu periksa update firmware secara rutin, agar router kamu selalu up to date.

Tempat Router

Tempatkan router WiFi kamu di tempat yang strategis agar bisa mengoptimalkan kecepatan koneksi WiFi. Perlu diketahui bahwa peralatan ruah tangga atau jaringan nirkabel dari tetangga kamu bisa menyebabkan koneksi WiFi jadi bermasalah.

Untuk bisa meghindari koneksi internet yang melambar, segera pindahkan router WiFi kamu di tempat yang lebih baik dan langsung ubah channel WiFi/saluran nomornya.

Pengaturan Koneksi Router WiFi

Saat ini, hampir semua router WiFi telah mendukunga 2.4GHz 802 11g yang mana juga mendukung koneksi hinga 54 Mbps. Atur perangkat router WiFi kamu seperti tersebut agar WiFi kamu bisa berjalan dengan maksimal. Jika kamu mеmilih 5 GHz, hаnуа реrаngkаt уаng mendukung dual-band WiFi saja уаng dараt соnnесt ѕеdаngkаn реrаngkаt 802.11n аtаu 802.11ас tidak dараt mеnjаlаnkаn kоnеkѕi ѕесаrа maksimal.

Sponsored Links