Orange Pi, Komputer Mini Generasi Penerus Yang Lebih Tangguh

Produk komputer mini yang sedang booming saat ini adalah produk besutan brand Pi. Sebelumnya brand ini resmi mengeluarkan produk komputer mini bernama Lemon Pi. Namun kali ini kembali menawarkan komputer mini terbaru dengan nama Orange Pi.

Produk ini menawarkan komputer single-booard berkonsep DIY (Do it Yourself) baru yang siap bersaing dengan Raspberry Pi. Dimensi komputer mini Orange Pi ini memang sangat mungil dan kecil. Beratnya bahkan hanya sekitar 1,3 ons saja.

Namun untuk kinerja, ternyata Orange Pi diklaim masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan Raspberry Pi. Spesifikasi dapur pacu Orange Pi ini membawa hardware prosesor quad-core ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1,6GHz, RAM 1GB, chipset Allwinner H3, dan GPU Mali-400MP.

Tentu saja kinerja hardware ini untuk keperluan komputasi kelas menengah sudah lebih dari cukup. Dukungan konektivitasnya sendiri membawa beberapa fitur seperti dukungan dilengkapi port 10/100 Ethernet, 3 port USB 2.0, HDMI output, 40-pin port ekspansi, dan 3.5mm headphone jack.

Sementara itu juga dihadirkan CSI interface untuk modul kamera tambahan. Untuk sistem operasi ternyata Orange Pi ini mampu menjalankan OS Android atau Linux. Jika dilihat secara sekilas memang kemampuan Orange Pi ini masih setingkat diatas Raspberry Pi. Untuk banderol harga, komputer mini Orange Pi ini ditawarkan dengan harga $15 atau sekitar Rp 200 ribu-an. AliExpress sudah menyediakan produk ini dan sudah dipesan.

Sponsored Links