Nova OS, Dikembangkan Oleh Mahasiswa Dan Resmi Menjadi OS Nasional Negara Kuba

Negara Kuba kali ini baru saja menghadirkan sebuah sistem operasi terbaru yang mereka beri nama Nova OS. Sistem operasi ini adalah hasil perkembangan dari distro Ubuntu Linux. Sementara itu lebih tepatnya sistem operasi dikembangkan di kota Havana, Kuba.

Sementara itu orang dibalik pengembangan Nova OS ini adalah mahasiswa University of Computer Sciences yang disponsori oleh pemerintah Kuba. Sementara itu mahasiswa tersebut mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Kuba.

Tentu saja ini menjadi sebuah langkah nyata pemerintah Kuba dala mendukung produk sistem operasi Nasional milik negara sendiri. Sistem operasi ini kabarnya nanti bisa digunakan oleh kalangan masyarakat umum atau pemerintahan Kuba.

Per tanggal 22 Maret 2013 yang lalu, Nova OS sudah memasuki versi 4.0 yang dikembangkan dari basis Ubuntu 12.04 LTS Precise Pangolin. Sementara itu sistem operasi ini juga menggunakan desktop Gnome 3.4 yang sudah mendapatkan kustomisasi khusus.

Sehingga ketika anda melihat kustomisasi dari Nova OS ini akan terlihat lebih berbeda dan tampak lebih menarik. Dari beberapa kabar yang beredar disebutkan jika Nova OS ini sudah hadir dalam tiga versi berbeda yakni Escritorio, Ligero, dan Servidor.

Untuk versi Escritorio sendiri bisa digunakan untuk pengguna PC reguler. Versi Ligero sendiri dihadirkan untuk spesifikasi PC yang cukup rendah dan yang terakhir adalah versi Servidor adalah untuk kategori PC Server.

Sponsored Links