NASA Kembangkan Perangkat Kacamata Pintar Untuk Astronot

Perangkat kacamata pintar adalah salah satu temuan terbesar yang pertama kali diperkenalkan oleh Google. Produk ini bahkan disebut-sebut akan menjadi sebuah teknologi canggih masa depan. Produk kacamata pintar besutan Google tersebut memiliki nama Google Glass.

Namun sayangnya Google malah menghentikan program pengembangan dari proyek Google Glass tersebut. Hal ini tentu saja sangat disayangkan banyak pihak. Namun bukan berarti teknologi kacamata pintar langsung mati atau punah.

Hal ini terbukti setelah salah satu badan antariksa terbesar di dunia Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dikabarkan sedang mengembangkan sebuah produk kacamata pintar khusus untuk para astronot mereka. Nasa sendiri diketahui telah bekerjasama dengan Osterhout Design Group di San Francisco untuk mengembangkan produk ini.

Teknologi kacamata pintar yang ditanamkan kedalam kacamata pintar ini adalah teknologi augmented reality yang menyuguhkan berbagai informasi secara digital. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh kacamata pintar ini adalah panduan, checklists, dan berbagai informasi lainnya.

Tentu saja dengan fitur tersebut para astronot bisa dengan mudah mengikuti instruksi yang sebelumnya hanya dilakukan secara manual. Namun tujuan utama NASA menciptakan kacamata pintar ini adalah untuk keadaan darurat saja. Para astronot diharapkan bisa bergerak lebih cepat dan tanggap.

Nasa sendiri saat ini sedang dalam proses menyuntikkan program software kedalam kacamata pintar tersebut. Sementara untuk pengujian akan dilakukan dibawah laut karena kondisinya mirip dengan ketika diluar angkasa.

Sponsored Links