Live Streaming Gerhana Matahari Dari BMKG Bisa Anda Nikmati Secara Gratis

Fenomena unik dan langka dalam waktu dekat akan terjadi yakni sebuah fenomena alam bernama Gerhana Matahari. Fenomena ini diperkirakan akan terjadi di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang.

Namun Gerhana Matahari ini ternyata hanya bisa dilihat di beberapa kota saja, diperkirakan ada kurang lebih 10 provinsi besar di Indonesia. Terdapat 11 provinsi yang dilintasi gerhana matahari total tersebut, yang mencakup Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Namun jangan khawatir, sepertinya anda tetap bisa menikmati Gerhana Matahari ini karena situs BMKG Indonesia mempersiapkan live streaming video Gerhana Matahari. Sementara itu fenomena ini menjadi sangat langka karena negara Indonesia akan menjadi satu-satunya wilayah yang dapat menangkap fenomena alam tersebut.

Sementara itu kepala Lapan menjelaskan jika akan ada sedikit perbedaan waktu gerhana matahari total di wilayah indonesia Barat dan Timur. Untuk bagian Barat diperkirakan akan terjadi sekitar 2 menit pukul 07.30 WIB dan bagian timur terjadi sekitar 3 menit pukul 09.00 waktu setempat.

BMKG sendiri akan dengan serius mengami Gerhana Matahari ini karena akan penting untuk mengetahui perubahan yang disebabkan fenomena alam tersebut terhadap variasi medan magnet bumi. Dikabarkan BMKG juga akan mulai meneliti untuk mengukur perubahan anomali gravitasi. Jelas fenomena ini juga layak untuk dinikmati karena tergolong sangat langka.

Sponsored Links