Jangan Lakukan Aktivitas Ini Jika Ingin Baterai Smartphone Awet Selamanya

Pengguna Smartphone terkadang mengeluh dnegan beberapa spesifikasi yang tak sesuai dengan ekspektasi. Kebanyakan sesorang mengharapkan smartphone yang dimiliki dibekali dengan spesifikasi seperti performa yang tangguh, kamera bagus, baterai berkapasitas tinggi dan layar yang sangat optimal. Kebanyak orang mengeluh dengan daya tahan baterai yang terkadang memiliki umur yang pendek dan cepat rusak. Hal ini tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas anda.

Namun tahukah anda bahwa baterai smartphone yang berumur pendek nyatanya bukan hanya disebabkan karena spesifikasi yang kurang tinggi melainkan ada juga kesalahan para pengguna smartphone tersebut. Sehingga berikut ini adalah aktifitas yang perlu anda hindari untuk membuat baterai smartphone yang anda miliki menjadi lebih awet.

1. Waktu Pengecasan yang Tak Optimal

Banyak orang yang melakukan pengecasan ketika malam menjelang tidur dan baru melepasnya keesokan hari setelah bangun. Namun cara ini ternyata membuat kualitas baterai menjadi semakin berkurang. Hal ini lantaran waktu pengecasan yang lama dapat membuat baterai terdesak daya yang harusnya sudah terisi penuh sehingga berakibat pada baterai yang mengembung dan daya ketahanan baterai menjadi semakin menurun. Selain itu waktu engecasan yang ceat juga dapat membuat kinerja baterai anda semakin tidak optimal. Sehingga sebelum 100% maka jangan lepaskan charger dari smartphone anda.

2. Penggunaan Charger yang Salah

Ketika charger sedang rusak atau anda lupa tak membawa charger ketika bepergian, anda akan kebingungan untuk mencari charger yang lainnya. Namun perlu anda perhatikan anda harus berhati – hati dalam mencari charger pengganti. Usahakan untuk tidak menggunakan Charger yang tak sesuai dengan spesifikasi smartphone yang anda miliki. Hal ini dapat beresiko pada smartphone anda. Apabila terpaksa menggunakan charger pengganti maka gunakanlah charger sesuai dengan merk smarthone anda.

3. Memakai Ponsel Saat Sedang Di Charge

Menggunakan smarthone ketika dichage merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh hampir kebanyakan orang. Perlu anda ketahui bahwa hal tersebut sangat berbahaya tak hanya pada komponen smartphone anda namun juga bagi anda sendiri. Hal ini lantaran jika digunakan pada saat dicharge ponsel akan memiliki bahaya meledak sehingga penting untuk anda hindari.

4. Memakai Ponsel Saat Suhu Panas

Bagi anda yang sangat menyukai bermain game hingga ponsel terasa panas, maka segeralah hindari kebiasaan yang satu ini. Karena penggunaan ponsel pada kondisi panas dapat merusak daua dan memperpendek umur baterai. Temperatur yang semakin tinggi pada smartphone dapat membuat baterai secara perlahan mengembung dan rusak. Sehingga ketika ponsel panas diamkan terlebih dahulu ponsel tersebut hingga suhu dingin dan baru gunakanlah kembali.

Sponsored Links