Ini Kelebihan Kamera Mirrorles Ketimbang Kamera DSLR

Beberapa waktu belakangan ini kamera mirrorless ramai diperbincangkan oleh para pecinta fotografi. Banyak dari para fotografer yang menguji kehebatan kamera mirrorless dan membandingkannya dengan kamera DSLR atau yang sering mereka gunakan itu.

Masing-masing kamera memiliki karakter yang berbeda, tapi dari dua kamera tersebut ternyata memiliki satu kesamaan, yakni kualitas foto. Bahkan, kamera mirrorless memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh DSLR, seperti di bawah ini :

Portabilitas yang tinggi

Anda bisa membawa banyak lensa tanpa keberatan. Jika membawa kamera DSLR lengkap satu set, beratnya mencapai 5kg. Namun, dengan kamera mirrorless beratnya hanya mencapai 3kg.

Lebih nyaman digunakan untuk street photography

Memiliki body yang ringan dan ukuran lebih kecil dibanding DSLR, membuat kamera mirrorless tidak dipedulikan oleh banyak orang. Hal tersebut menjadikan memotrer obyek secara candid jadi lebih nyaman.

Sistem mirrorless mengandalkan live view dan jendela bidik elektronik.

Obyek yang kita inginkan bisa dilihat apakah fokus atau tidak, juga bisa meihat terang-gelap/exposure, histogram, warna, efek khusus dengan jelas. Apa yang dilihat merupakan apa yang didapat, tidak ada tebak-tebakan dan terkejut seperti di kamera DSLR.

Adaptabilitas kamera mirrorles lebih tinggi

Kita bisa menggunakan lensa lama atau lensa yang bukan semerk dengan adaptor. Perihal manual fokusnya, kamera mirrorless lebih canggih dibanding kamera DSLR, sebab memiliki fitur focus peaking.

Bisa fokus kemana saja

Kita bisa mengarahkan fokus kemanapun kita mau, termasuk di tepi-tepi frame foto dengan mudah. Pada kamera DSLR, titik fokus biasanya berada di tengah. Kecepatan autofocus kamera mirrorless generasi tahun 2014 juga sudah cepat.

Sponsored Links