Ini Kelebihan dan Kekurangan Asisten Virtual Bixby

GadgetGan.com – Bersamaan dengan peluncuran Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, Samsung juga memperkenalkan asisten virtual Bixby pada Rabu, 29 Maret 2017 waktu setempat di Gaffen Hall, Lincoln Center, New York, Amerika Serikat. Asisten virtual ini pada dasarnya akan tersedia secara default pada ponsel penerus Galaxy S7 ini. Bahkan, Bixby menjadi salah satu selling point pada smartphone terbaru dari Samsung tersebut. Lantas, apa kelebihan dari asisten virtual Bixby tersebut ?

Berperan sebagai asisten, Bixby ini diklaim dapat mengetahui berbagai hal yang tampil di layar ponsel, serta ia juga memahami apa yang dibutuhkan oleh para penggunanya. Tidak hanya itu, asisten virtual ini juga digadang-gadang sebagai cara baru dalam berinteraksi dengan ponsel pintar, mulai dari berkomunikasi melalui teks, suara hingga gambar. Jika berbicara mengenai komunikasi suara sendiri, Bixby hanya dapat memahami dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan Korea. Namun tidak perlu khawatir, selaku si pengembang, Samsung berencana untuk memberikan pembaruan terhadap bahasa lainnya untuk Bixby.

Contohnya saja ketika Anda tengah mencari dan membeli kamera di toko online, Anda cukup memilih Shopping pada aplikasi Bixby ini. Kemudian, Bixby pun akan memberikan berbagai informasi terkait toko online yang menjual kamera yang Anda inginkan tersebut.

Di segi desain, desain tampilan yang disuguhkan oleh Bixby ini dapat dikatakan sangat segar dan simple. Bahkan ia digadang-gadang hampir mirip dengan timeline yang terdapat di Google Now.

Namun sayangnya, asisten virtual Bixby masih memiliki sejumlah kekurangan. Apa saja kekurangan yang dimiliki oleh asistem virtual ini ? Simak ulasannya berikut ini.

  • Bug
    Business Insider mengungkapkan bahwa terdapat beberapa kekurangan ketika mengunggakan Bixby, yakni membutuhkan beberapa saat untuk meningkatkan kecerahan layar usai diperintahkan, serta Bixby juga nampaknya cukup kesulitan untuk memutar video dari ponsel yang terdapat di dekat Samsung TV.
  • Bersaing dengan Google Assistant
    Bixby bukanlah satu-satunya asisten virtual yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus. Asisten virtual lain yang dimilikinya ialah Google Assistant. Sebagai asisten terbaru, Bixby ini hanyalah sebatas di ponsel Galaxy S8 dan S8 Plus. Hal ini sangat berbeda dengan Google Assistant yang memang telah tersemat secara default di kedua smartphone tersebut.
  • Dukungan aplikasi pihak ketiga
    Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Bixby ini ialah dukungan pihak ketiga dalam mengontrol aplikasi. Hingga saat ini, asisten virtual terbaru dari Samsung ini rupanya masih belum memiliki akses untuk mendukung para pihak ketiga.
Sponsored Links