Ini Dia Perbedaan Laptop Gaming dan Laptop Biasa

GadgetGan.com – Meskipun sering mendengar atau mengetahui istilah laptop gaming, tidak sedikit yang paham apa perbedaannya dengan laptop biasa. Jika menengok dari penampilannya, laptop gaming biasanya tampil dengan desain dan bentuk yang lebih kokoh. Lalu, bagaimana dengan jeroan dan perbedaan lainnya ? Berikut perbedaan laptop gaming dan laptop biasa.

  • Fitur keyboard menyala

Hal fisik yang membedakan laptop gaming dan laptop biasa ialah dari keyboardnya. Laptop gaming dibekali dengan fitur keyboard menyala sehingga nampak sangat keren dan garang. Berbeda dengan laptop biasa yang identik dengan keyboard hitam putih yang agaknya terbilang simple dan sederhana.

  • Prosesor canggih

Dibanderol dengan harga yang cukup melambung, jelas laptop gaming dibekali dengan prosesor yang canggih. Prosesor minimal yang harus dimiliki ialah Intel Core i5 atau AMD FX-Series yang minimal mengusung prosesor quad-core. Sedangkan untuk laptop biasa, bekalan prosesor Intel Core i3 dapat dikatakan sudah cukup canggih jika laptop hanya digunakan untuk menjalankan Microsoft office dan berbagai aplikasi ringan lainnya.

  • VGA mendukung

Berbeda dengan laptop biasa yang hanya memiliki satu VGA, laptop gaming biasanya dibekali dengan dua VGA. Dimana VGA pertama berupa video card dan VGA lainnya terintegrasi. Oleh karena itu, jika Anda menjumpai laptop dengan bekalan dua VGA, jelas laptop tersebut termasuk sebagai laptop gaming.

  • RAM berkapasitas tinggi

Selain memiliki prosesor dan VGA terbaik, spesifikasi canggih lain yang harus dimiliki laptop gaming ialah kapasitas RAM yang tinggi. Atau jika laptop tersebut memiliki RAM yang cukup standart, Anda dapat melakukan upgrade RAM. Sedangkan untuk laptop biasa, RAM berkapasitas 2 GB pun sudah dapat dikatakan cukup memadai. Pasalnya, laptop tersebut digunakan untuk pekerjaan ringan, bukan untuk bermain game.

  • Casing keren

Laptop gaming identik memiliki casing yang kokoh dan garang untuk membuat penggunanya lebih antusias dalam bermain game. Hal ini sangat berbeda dengan laptop biasa yang penggunanya cenderung bersikap cuek terhadap casing laptop yang dimilikinya. Benar saja, casing dari laptop biasa cenderung sangat sederhana.

Sponsored Links