Ini Dia Bahaya Akibat yang Ditimbulkan dari Sosial Media!

GadgetGan.com – Di era yang serba modern ini, media sosial menjadi sesuatu yang sangat penting. Dimana selain digunakan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, sosial media juga dimanfaatkan untuk sarana komunikasi.

Sayangnya, meskipun memiliki manfaat yang cukup baik, namun media sosial bisa memiliki dampak yang negatif jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Banyak bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial yang berlebihan, diantaranya ialah sebagai berikut.

  • Kehilangan Jati Diri

Media sosial membuat para penggunanya mulai mengenal selebgram, selebtweet dan sejenis. Akibatnya, akan ada jati diri baru yang ingin dimiliki oleh seseorang dan seiring berjalannya waktu, ia pun tidak mampu lagi untuk mempertahankan jati diri yang dimilikinya.

  • Kehilangan Privasi

Sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, tidak sedikit para pengguna yang kurang cerdas dalam memanfaatkan media sosial. Kemudahannya untuk berbagai membuat seseorang sering membagikan berbagai kondisi yang dialami, foto, serta lokasi.

  • Kehilangan Kendali Diri

Media sosial sering kali dijadikan wadah bereksprasi yang melebihi batas atau tanpa aturan. Hal ini rupanya berdampak kurang baik karena tidak sedikit orang yang hampir kehilangan hidupnya karena media sosial. Contohnya saja beredarnya foto syur di internet, seseorang yang harus dipidana karena menghina orang lain di Twitter dan lain sebagainya. Tentu sangat merugikan bukan ?

  • Kehilangan Teman

Keasikan menggunakan media sosial membuat seseorang merasa sangat kecanduan pada smartphone. Meskipun tengah berkumpul dengan teman, namun smartphone selalu ada dalam genggamannya. Akibatnya, teman-teman yang berada di sekitar Anda akan sedikit demi sedikit menjauh karena merasa tidak dianggap.

  • Kehilangan Uang

Banyaknya membuka media sosial, terutama Instagram akan membuat kuota Anda cepat habis. Mengingat kuota dibeli dengan menggunakan uang, maka aktivitas ini bisa dikatakan menghambur-hamburkan uang meskipun tidak secara langsung.

Tidak sampai disitu saja. Media sosial kerap kali digunakan sebagai wadah promosi bagi para pedagang online. Bagi Anda yang gampang tergoda, tentu akan membeli barang-barang tersebut. Terlebih lagi, saat ini sedang marak-maraknya penjualan barang secara online namun berakhir dengan penipuan.

Sponsored Links