Ini Bahaya Sering Membiarkan Baterai Smartphone Hingga 0% !

GadgetGan.com – Smartphone Android atau iPhone merupakan jenis smartphone yang mengonsumsi baterai cukup boros. Hal tersebut disebabkan aplikasi yang dijalankan pada smartphone tersebut memang cenderung cukup banyak. Biasanya tidak sedikit orang yang membiarkan smartphone-nya lemah bahkan hingga 0%. Padahal hal tersebut memberikan efek negatif jika dibiarkan terlalu sering.

Lantas, apa bahayanya jika membiarkan baterai smartphone hingga 0% ? Simak ulasannya berikut ini.

  • Memperpendek usia baterai

Baterai yang digunakan pada smartphone saat ini berjenis baterai Li-ion. Dimana jenis baterai tersebut memiliki aturan bahwa daya baterai harus dipertahankan di 50%. Jika terpaksa berada di bawah angka 50%, usahakan tidak terlampau jauh dari angka tersebut.

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, maka Anda pun dapat membuat baterai memiliki umur yang lebih pendek. Oleh karena itu, hindari penggunaan smartphone hingga baterai 0%.

  • Dapat mati total

Tidak hanya membiarkan smartphone di kondisi 0%, membiarkan baterai dengan kondisi 10% dalam jangka lama juga merupakan hal yang kurang tepat. Pasalnya, hal ini akan membuat baterai mati total.

Jika smartphone Anda menggunakan baterai bertipe removable, tentu dapat diganti baterai baru dengan tipe yang sama. Namun, jika baterai tersebut bertipe non-removable, tentu lain lagi dampaknya. Hal tersebut disebabkan, baterai akan mengonsumsi daya antara 5 hingga 10% dalam sebulan meskipun berada dalam kondisi mati.

Sponsored Links