Huawei Ternyata Memiliki Alasan Tersendiri Kenapa Tidak Gunakan Cortex-A57

Huawei pada ajang MWC 2015 yang lalu baru saja merilis sebuah produk tablet terbaru dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Produk tablet tersebut adalah Huawei MediaPad X2 yang merupakan sebuah tabet dengan layar 7 inci.

Pada sektor spesifikasi tablet Huawei MediaPad X2 mengusung RAM 3GB dan prosesor octa-core Kirin 930. Penggunaan prosesor Kirin 930 disebut-sebut oleh analis sebagai sebuah hal yang cukup menarik. Prosesor Kirin 930 ini ternyata sudah menggunakan 8 buah core Cortex-A53, namun dengan 2 tingkat kecepatan yang berbeda: 4 buah core memiliki tingkat kecepatan 1,5GHz, sementara 4 lainnya 2GHz.

Huawei sendiri juga menjelaskan jika Kirin 930 telah diproduksi dengan teknologi 16nm di TSMC. Kirin 930 sendiri ternyata adalah kombinasi dari Cortex-A53 standar plus Cortex-A53e. Huawei ternyata juga menyinggung proble overheat pada produk HTC One M9 itu disebabkan oleh penggunaan prosesor Snapdragon 810 karena menggunakan core Cortex-A57.

Penggunaan Kirin 930 oleh Huawei sendiri adalah untuk menghadirkan keseimbangan antara performa dan tingkat konsumsi energi baterai di Kirin 930. Sehingga permasalahan overheat pada perangkat smartphone akan terhindar. Huawei jika mengklaim jika penggunaan Kirin 930 ini adalah memiliki keunggulan utama adalah tingkat konsumsi energinya yang rendah. Keunggulan ini diharapkan bisa membuat konsumen lebih tertarik karena sudah tidak ditemukan kelemahan atau kekurangan apapun tentang prosesor Kirin 930 ini.

Sponsored Links