Harga LG G4 vs Samsung Galaxy S6, Adu Smartphone Premium Mana Terbaik?

Dua vendor smartphone kenamaan, Samsung dan LG baru saja merilis handset andalan mereka dalam waktu yang hampir bersamaan. LG meluncurkan G4, sementara Samsung meluncurkan Galaxy S6.

Seperti yang dilansir oleh Androidpit, Kamis (7/5/2015), dua perusahaan asal Korea Selatan tersebut menyasar target pasar yang sama. Mereka menonjolkan teknologi canggih untuk merebut pasar.

Sebagai perbandingan harga LG G4 vs Samsung Galaxy S6, smartphone premium, mana yang terbaik?

Samsung membalut bagian depan dan belakang Galaxy S6 dengan lapisan kaca. Sementara pada bagian sisinya dibalut alumunium berkualitas tinggi dan dengan bentuk melengkung di bagian ujung layar. Secara estetika, handset ini tampil cantik menawan.

Sementara LG G4, memiliki bodi yang cukup ramping berbalut kulit dengan kualitas premium yang dipadukan dengan rangka dari plastik. Meski begitu, bodi smartphone terlihat sangat kokoh.

Layar Galaxy S6 berukuran 5,1 inci dengan resolusi QHD (1.440 x 2.560 piksel) yang mampu menghasilkan kerapatan gambar hingga 577 ppi dan berteknologi Super AMOLED.

Sedangkan layar LG G4 berukuran lebih besar yakni layar 5,5 inci tetapi memiliki resolusi sama QHD 1.440 x 2.560 piksel. Meski ppi tidak cukup tinggi, namun resolusi masih sangat tajam. LG menjanjikan beberapa teknologi untuk meningkatkan berbagai aspek kualitas tampilan pada smartphone-nya ini.

Galaxy S6 akan berjalan di atas Android 5.0.2 Lollipop yang dipadukan dengan Samsung TouchWiz. Masih terdapat beberapa aplikasi Samsung lainnya, agar tampilan terlihat lebih segar. User interface telah diperbarui sehingga menjadi lebih responsif serta lebih intuitif.

LG G4 mengadopsi sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan UX 4.0. Fitur-fitur canggih juga turut dihadirkan, seperti tombol pengambilan gambar cepat pada kamera hardware. Bahkan, tetap bekerja ketika ponsel terkunci.

Perihal performa, ditemukan beberapa kekurangan di berbagai bagian perangkat lunak Samsung Galaxy S6. Prosesor 64-bit octa-core Exynos 7420 Samsung clock 2.1GHz dan RAM 3GB. Tapi memiliki kekuatan pemrosesan grafis menjadi salah satu yang terbaik.

Untuk LG G4 sendiri memilih Snapdragon 808 sebagai prosesor dengan hanya menampilkan enam core yang dipadukan RAM 3GB. Jika dibandingkan, smartphone milik Samsung lebih unggul, tapi LG G4 tidak tertinggal jauh, hal tersebut tergantung pada seberapa baik LG mengoperasikan software G4.

Pada sektor fotografi, Samsung Galaxy S6 mengusung sensor foto terbaru Sony, yakni IMX240 yang mampu menghasilkan gambar menakjubkan meski dalam kondisi kurang pencahayaan. Kamera utama yang terletak di belakang, beresolusi 16MP yang mampu merekam video berkualitas 4K. Sedangkan kamera depan berkapasitas 5MP.

Sementara itu LG G4, juga memiliki kamera belakang 16MP dan sama seperti Galaxy S6, dibenamkan fitur optical image stabilization (OIS) untuk mengambil gambar menakjubkan. Di bagian depan menggunakan kamera 8MP.

Di dalam Galaxy S6 Edge ada baterai 2.600 mAh, yang dalam pengujian dapat bertahan sekitar satu hari dengan penggunaan intensif.

LG G4 memiliki baterai lebih besar 3.000 mAh. LG mengatakan, memiliki kemampuan daya tahan 14 jam waktu bicara dan 440 jam siaga.

Harga Samsung Galaxy S6 : Rp 7.530.500

Harga LG G4 : Rp. 7.200.000

Sponsored Links