Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone

Hampir setiap bulan para vendor smartphone merilis produk-produk terbarunya. Tak hanya satu, tapi bisa langsung tiga sekaligus. Nah, bagi kamu yang ingin membeli smartphone baru, pasti muncul kekhawatiran sendiri. Sebab rasa salah pilih smartphone kerap menghantui yang pada akhirnya membuat kita kecewa dengan smartphone yang telah kita pilih tersebut.

Untuk menghindari hal tersebut, simak beberapa tips tentang hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone, berikut ini :

Memori internal

Kapasitas memori internal dan memori eksternal sangatlah penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Meski beberapa gadget menyediakan untuk slot memori eksternal tapi ingat aplikasi yang kita instal akan tersimpan di memori internal.

Untuk amannya, setidaknya memori internal harus berkapasitas 8GB dengan asumsi 4GB habis terpakai oleh sistem operasi dan instal beberapa aplikasi.

Kecepatan prosesor

Kecepatan prosesor sangat berpengaruh terhadap kinerja smartphone itu sendiri. Jika dalam smartphone itu telah tersemat prosesor yang lebih tinggi dan memiliki banyak inti core maka bisa dipastikan bahwa performa multitasking perangkat tergolong baik dan mampu menjalankan tugas dengan lancar. Untuk mendapatka kinerja yang apik, setidaknya kecepatan prosesor harus mencapai 1 GHz atau lebih.

RAM (Random Access Memory)

RAM merupakan faktor penting sebelum memutuskan untuk membeli smartphone. Bisa dikatakan, bahwa RAM merupakan komponen penting pendukung prosesor agar bisa berjalan dengan lancar. Seluruh aplikasi yang pengguna smartphone jalankan otomatis akan menyimpan file cache di dalam RAM. Jika aplikasi ditutup lalu dijalankan kembali, maka aplikasi tersebut akan dijalankan melalui RAM. Jadi, semakin besar RAM yang dibekalkan dalam smartphone, semakin optimal pula ketika menjalankan banyak perintah.

Sistem Operasi

Jika kamu hendak membeli smartphone, pilihlah yang telah terinstal sistem operasi dengan versi terbaru. Kalau android adalah android v5.0 (Lollipop). Beberapa manfaat menginstal sistem operasi paling baru adalah kinerja smartphone lebih baik, mendukung seluruh aplikasi, dan sistem keamanan yang juga paling update.

Display

Tampilan layar menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Selain ukuran dan resolusinya, kamu juga harus memperhatikan kerapatan pixel yang dimilikinya. Kerapatan pixel layar dihitung dalam satuan ppi (pixel per inch). Semakin besar jumlah pixel yang dimilikinya, maka layar akan terlihat tajam dan jernih serta nyaman di mata.

Sponsored Links