Hal-Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Beli Smartphone Baru!

GadgetGan.com – Di era yang serba modern ini, hampir tiap bulan akan bermunculan smartphone baru di pasaran. Tidak hanya satu, akan tersedia banyak ponsel dengan beberapa tipe yang menggiurkan. Namun, sebelum membeli ponsel, sering kali seseorang khawatir jika nantinya akan muncul kekecawaan karena ponsel yang dibeli tidak sesuai keinginan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal ketika memutuskan membeli smartphone baru.

Hal-Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Beli Smartphone Baru!

  • Memori internal

Memori internal merupakan hal yang cukup tinggi dari sebuah smartphone. Tingginya kapasitas memori internal tentunya membuat penggunanya dapat menginstal berbagai aplikasi secara leluasa. Meskipun ada slot microSD, namun ada beberapa aplikasi yang memang harus diinstal di memori internal.

Solusi terbaiknya ialah memilih ponsel dengan memori internal dengan kapasitas minimal 8 GB. Dimana diasumsikan 4 GB diantaranya akan digunakan untuk sistem operasi dan menginstal aplikasi lain, sedangkan sisanya berguna sbeagai penyimpanan data.

  • RAM (Random Access Memory)

Selain memori internal, RAM juga menjadi hal perlu diperhatikan. Pasalnya, RAM sendiri merupakan komponen yang berguna untuk meningkatkan kinerja prosesor agar lebih mumpuni menjalankan tugasnya. Semakin tinggi kapasitas RAM yang dimiliki, tentu ia akan memiliki performa yang lebih optimal dalam multitasking dan gaming.

  • Prosesor

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membeli sebuah smartphone baru ialah kecepatan prosesor yang dimilikinya. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kecepatan prosesor yang tinggi akan berdampak pada performa ponsel yang lebih lancar. Untuk performa terbaik, kecepatan prosesor yang harus Anda pilih ialah minimal 1 GHz.

  • Sistem Operasi

Sebaiknya, Anda membeli smartphone dengan sistem operasi yang lebih terbaru atau up to date. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat sistem operasi yang lebih terbaru akan berdampak pada kinerja sebuah smartphone. Sistem operasi Android versi terbaru biasanya akan memiliki peningkatan performa, baik dari keamanan, interface dan lain sebagainya.

  • Kamera

Saat ini, hampir seluruh smartphone yang diluncurkan di pasaran telah dibekali dengan kamera belakang dan kamera depan. Meskipun ada diantaranya yang masih mengusung kamera belakang saja. Jika ponsel Anda juga digunakan untuk kebutuhan video call, sebaiknya pilih ponsel yang dilengkapi dengan kamera depan. Selain itu, besaran megapiksel yang diusung kamera tersebut juga harus diperhatikan. Pasalnya, tingginya megapiksel yang dimiliki oleh ponsel akan membuat hasil gambar nampak lebih baik pula.

  • Baterai

Hal penting lainnya dalam membeli sebuah smartphone ialah kapasitas baterai. Jika Anda memiliki aktivitas mobile yang tinggi, sebaiknya membeli ponsel yang memiliki kapasitas besar agar masa hidup ponsel tersebut lebih lama. Bagi ponsel yang dirancang untuk menyasak kelas menengah, kapasitas baterai yang dapat Anda pilih minimalnya 2.200 mAh.

Sponsored Links