Fitur Keamanan Deteksi Wajah Galaxy S8 Ternyata Mudah Ditipu

GadgetGan.com – Samsung Galaxy S8 memang mampu mencatatkan angka penjualan yang cukup tinggi meskipun waktu perilisannya terbilang masih baru. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat smartphone ini memiliki fitur andalan yang mampu memanjakan para penggunanya. Salah satu fitur yang diusungnya ialah facial detection atau deteksi wajah yang berguna untuk mengamankan privasi dari si pemilik ponsel. Namun sayangnya, keakuratan dari fitur ini tidak seperti yang dibayangkan. Pasalnya, fitur tersebut sangat mudah untuk ditipu dengan menggunakan foto.

Hal ini diperkuat dengan sebuah unggahan video di layanan streaming YouTube. Pada video tersebut, nampak bahwa lockscreen dari Galaxy S8 dapat dibuka dengan mudah dengan menggunakan foto yang ditampilkan di layar smartphone. Secara tidak langsung, fitur ini hampir mirip dengan fitur face to unlock yang diluncurkan oleh Google dan disematkan pertama kalinya pada Android Ice Cream Sandwich.

Berbicara mengenai bentuk fisiknya, smartphone terbaru Samsung Galaxy S8 ini hadir dengan layar berukuran 5,8 inci beresolusi Quad High Definition (QHD) 2960 x 1440 piksel yang telah didukung oleh teknologi Super AMOLED yang memiliki kerapatan mencapai 570 piksel per inci. Menariknya, layar dari smartphone ini berbentuk lengkung di kedua sisinya, sehingga ia tampil lebih menarik dan elegan.

Untuk dapur pacunya sendiri, Samsung telah menyematkan sejumlah komponen hardware yang mumpuni, yakni chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang mengusung prosesor octa-core Kyro 280 64-bit yang terdiri dari prosesor quad-core berkecepatan 2,45 GHz dan quad-core dengan kecepatan 1,9 GHz yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 4 GB. Sedangkan untuk urusan grafisnya sendiri, Samsung Galaxy S8 diperkuat oleh GPU Adreno 540. Tidak hanya ditenagai oleh chipset dari Qualcomm, penerus Samsung Galaxy S7 ini juga ada yang ditenagai oleh chipset Exynos 8895 dari Samsung. Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan antarmuka TouchWiz UI.

Beralih ke sektor kamera, Galaxy S8 dibekali dengan kamera belakang dengan resolusi 12,2 megapiksel yang didukung oleh sensor 1/2.5 inci dengan teknologi Dual Pixel beraperture f/1.7. Dimana kamera belakang ini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur mumpuni, yakni autofokus, LED flash dan OIS. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8 megapiksel dengan aperture f/1.7 yang dilengkapi dengan fitur autofokus.

Selain berbagai spesifikasi tersebut, Samsung Galaxy S8 juga menyuguhkan berbagai keunggulan lainnya, yakni telah mengantongi sertifikasi IP68 yang membuatnya memiliki ketahanan terhadap debu dan air. Ponsel canggih ini juga dibekali fitur fingerprint sensor dan iris scanner sebagai fitur keamanannya.

Sponsored Links