Facebook Punya Fitur Terbaru Untuk Melaporkan Berita Hoax

Seperti diketahui berita hoax atau berita bohong sering kali membuat resah publik, apalagi penyebaran yang begitu cepat bisa saja menimbulkan perbuatan yang tak diinginkan. Seiring dengan perkembangan sosial media seperti yang selama ini sedang marak banyak tersebar berita Hoax, salah satu sosial media yang cukup populer di masyarakat dan paling banyak digunakan adalah Facebook.

Aplikasi sosial media buatan Mark Zuckerberg tersebut belum lama ini telah meluncurkan sebuah fitur terbarunya. Fitur ini diklaim untuk dapat memperkecil berbagai pemberitaan hoax yang selama ini banyak tersebar luas apalagi di sosial media.

Fitur penangkal hoax tersebut dijuluki dengan nama dusputed, dengan adanya fitur ini maka keberadaan berita hoax bisa diminimalkan perbuatan orang-orang atau oknum yang tak bertanggung jawab terkait pemberitaan hoax.

Sebagaimana diketahui bahwa selama ini aplikasi sosial berwarna biru ini cukup banyak mendapatkan protes dari beberapa pihak karena banyak menyebarkan berita hoax, apalagi ketika pemilu presiden Amerika Serikat yang terjadi beberapa hari kemarin. Oleh karena itu fitur tersebut sengaja dibuat untuk mengatasi masalah penyebaran berita tidak benar seperti itu.

Dilansir dari laman Business Insider pada Senin, 6 Maret 2017 kemarin mengungkapkan apabila usaha untuk dapat menolak pemberitaan hoax tersebut dilakukan dengan memberikan sebuah keterangan berupa Disputed atau Diragukan pada artikel. Keterangan tersebut diberikan oleh organisasi pihak ketiga yang memiliki tugas untuk mengecek kebenaran atau fakta yang ada.

Facebook sendiri juga sudah melakukan kerjasama dengan pihak ketiga yang dimaksud dalam organisasi tersebut, yaitu organisasi media nonprofit yang disebuh Poynter yang memang cukup terkenal.

Tak hanya itu saja diketahui Facebook juga sudah menjalin kemiteraan bersama dengan sebanyak 42 organisasi lainnya misal saja ABC News, Snopes, Politifact, serta Factcheck.org.

Dengan adanya fitur ini tentu saja akan mengurangi penyebaran berita hoax yang memang belakangan semakin ramai dan marak terjadi di berbagai tempat bahkan sosial media tak hanya Facebook saja.  Hal tersebut tentu saja meresahkan beberapa rakyat yang ingin mengetahui berita sebenarnya.

Sponsored Links