Drone Besutan Nokia Usung Konsep Unmanned Aerial Vehicles (UAV)

Nokia kali ini kembali naik kelas dengan memasuki dunia Drona atau pesawat remote control dengan mesin quadcopter. Dan yang terbaru Nokia resmi memperkenalkan sebuah Drone dengan nama Unmanned Aerial Vehicles (UAV) dengan menggunakan teknologi LTE.

Drone ini akan juga meramaikan ajang UAE Drones for Good Award di Dubai pada 4-6 Februari. Nokia sendiri mengatakan jika jaringan LTE akan menjadi dasar kuat dalam operator jaringan, pemerintahan, serta otoritas keselematan publik untuk memonitor sebuah drone.

Sementara itu dengan teknologi Drone LTE dari Nokia ini ternyata sudah banyak menarik minat beberapa para pelaku industri untuk kesehatan, pertanian, pemberitaan, dan hiburan. Nokia sendiri tetap berhati-hati dalam mengembangkan Drone ini karena banyak kendala dan tantangan yang datang dari pemerintahan dan otoritas penerbangan.

Sementara itu menurut Joachim Wuilmet, Head of Customer Marketing and Communications, Nokia Timur Tengah dan Afrika konsep dan teknologi pada Drone ini nantinya akan memungkinkan terciptanya pengoperasian drone yang aman sebagai bagian dari pengembangan smart city di Uni Emirat Arab dan seluruh dunia

Memang saat ini manfaat Drone sangat besar dan banyak, berbagai sektor seperti layanan kesehatan, pertanian, pemberitaan dan hiburan mulai merasakan dampak dari teknologi Drone saat ini.

Drone besutan Nokia ini dikabarkan selain sudah menggunakan jaringan berbasis LTE juga dikombinasi dengan Mobile Edge Computing, dongle LTE, GPS, komponen processing dan computing, aplikasi seluler untuk pilot UAV dengan antarmuka UTM. Jelas Drone ini akan sangat bermanfaat jika benar-benar digunakan untuk hal yang tepat.

Sponsored Links