Dengan Jaringan 5G, Anda Mampu Mendownload Dengan Kecepatan 3Gbps

Jaringan operator seluler saat ini memang sudah memasuki era 4G LTE dimana di dalamnya sudah menawarkan kecepatan internet yang sudah tergolong tinggi. Namun ternyata baru-baru ini di negara Tiongkok beberapa perusahaan baru saja melakukan tes kecepatan jaringan 5G.

Perusahaan yang melakukan uji coba ini adalah layanan mobile Jepang, NTT DoCoMo dan Huawei sebagai pemegang brand perangkat smartphone asal negara Tiongkok.

Dalam uji coba jaringan 5G ini di dapatkan kecepatan untuk mendownload mencapai 3Gbps. Uji coba ini lebih tepatnya berlokasi di Chengdu, Tiongkok. Uji coba ini menggunakan 24 perangkat terhubung ke pita subfrekuensi 6GHz secara bersamaan.

Untuk kecepatan rata-rata yang di dapatkan adalah 1.34Gbps dan kecepatan download puncaknya mencapai 3.6Gbps. Untuk kecepatan 4G LTE tertinggi di negara Selandia Baru sekitar 36Mbps dan Amerika Serikat sebesar 10Mbps.

Jaringan 5G sendiri memang ditargetkan akan mulai dikomersilkan pada tahun 2020 yang akan datang. Takehiro Nakamura, wakil presiden dan direktur pengelola laboratorium 5G NTT DoCoMo memang mengacu pada rencana misi 5G International Telecommunications Union untuk lima tahun ke depan.

Sementara itu ternyata ada spekulasi awal dimana kecepatan download 5G mencapai 20Gbps. Dengan kecepatan ini maka anda bisa mendownload file film dengan resolusi 4K hanya dalam kurun waktu 10 detik saja. Beredar kabar terbaru juga jika uji coba jaringan 5G ini juga akan dilakukan di negara Amerika Serikat oleh Verizon dan arsitek teknologi Roger Gurnani.

Sponsored Links